15 Jumadil awal 1444
Beranda » Latest » Artikel » Tafsir » Terjemah Tafsir Surah Al-Kahfi (57-59)

Terjemah Tafsir Surah Al-Kahfi (57-59)

Keutamaan Membaca Surah al-Kahfi pada Hari Jumat

مَنْ قَرَأَ سُوْرَةَ الْكَهْفِ فِي يَوْمِ الْجُمْعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّوْرِ مَا بَيْنَ الْجُمْعَتَيْنِ

Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat, akan diterangi dengan cahaya di antara dua Jumat
H.R anNasaai, al-Baihaqy, al-Hakim dari Abu Said al-Khudriy

Terjemah Tafsir al-Muyassar

Ayat ke-57

وَمَنۡ أَظۡلَمُ مِمَّن ذُكِّرَ بِٔا يَٰتِ رَبِّهِۦ فَأَعۡرَضَ عَنۡهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتۡ يَدَاهُۚ إِنَّا جَعَلۡنَا عَلَىٰ قُلُوبِهِمۡ أَكِنَّةً أَن يَفۡقَهُوهُ وَفِيٓ ءَاذَانِهِمۡ وَقۡرٗاۖ وَإِن تَدۡعُهُمۡ إِلَى ٱلۡهُدَىٰ فَلَن يَهۡتَدُوٓاْ إِذًا أَبَدٗا ٥٧

Tidak ada satu pihak pun yang paling zhalim dibandingkan orang yang dinasihati dengan ayat-ayat Rabbnya yang demikian jelas kemudian dia berpaling darinya menuju kebatilannya. Dia melupakan perbuatan-perbuatan buruk yang telah dilakukan tangannya, tidak berubah (memperbaiki; bertobat) darinya. Sesungguhnya Kami jadikan pada hati mereka terdapat penutup, sehingga mereka tidak memahami alQuran, tidak mengetahui kebaikan yang ada di dalamnya. Kami pun menjadikan pada telinga mereka sesuatu yang menyerupai sumbatan. Sehingga mereka tidak mendengar hal-hal yang bermanfaat untuk mereka. Jika engkau ajak mereka pada keimanan, mereka tidak memenuhi seruanmu itu. Mereka pun tidak akan mendapati petunjuk menuju (ajakan Nabi itu) selamanya.

Ayat ke-58

وَرَبُّكَ ٱلۡغَفُورُ ذُو ٱلرَّحۡمَةِۖ لَوۡ يُؤَاخِذُهُم بِمَا كَسَبُواْ لَعَجَّلَ لَهُمُ ٱلۡعَذَابَۚ بَل لَّهُم مَّوۡعِدٞ لَّن يَجِدُواْ مِن دُونِهِۦ مَوۡئِلٗا ٥٨

dan Rabbmu adalah Yang Maha Pengampun terhadap dosa-dosa para hamba-Nya jika mereka bertobat. Dia memiliki (sifat) kasih sayang terhadap mereka. Kalau seandainya Dia (mau) menghukum mereka yang berpaling dari ayat-ayatNya karena perbuatan dosa mereka, niscaya Dia (bisa saja) menyegerakan adzab untuk mereka. Namun Dia (Allah) Ta’ala adalah Haliim (Yang Maha Penyabar; Maha Pemurah), tidak menyegerakan siksaan. Justru mereka memiliki waktu yang dijanjikan akan dibalasnya amalan mereka. Mereka tidak akan bisa mengelak maupun menghindar darinya.

Ayat ke-59

وَتِلۡكَ ٱلۡقُرَىٰٓ أَهۡلَكۡنَٰهُمۡ لَمَّا ظَلَمُواْ وَجَعَلۡنَا لِمَهۡلِكِهِم مَّوۡعِدٗا ٥٩

Negeri-negeri itu yang dekat dari kalian –seperti negeri kaum Hud, Shalih, Luth, dan Syuaib – Kami binasakan mereka ketika penduduknya bersikap zhalim dengan kekafiran. Kami jadikan waktu yang telah ditetapkan untuk kebinasaan mereka. Ketika telah sampai pada waktunya, datanglah adzab kepada mereka kemudian Allah binasakan mereka dengannya.

Penerjemah: Abu Utsman Kharisman


WA al I’tishom