Sel 3 Jumadil awal 1446AH 5-11-2024AD

Asy Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin rahimahullah menjelaskan:

(Di antara faidah yang bisa kita dapatkan dari hadits Jabir tentang manasik haji Nabi shalallahu alaihi wasallam) adalah disyariatkannya meminum air zamzam. Karena Nabi shallallahu alaihi wasallam meminum air zamzam.

Jika ada yang bertanya, apakah seseorang (disyariatkan) melakukan perbuatan selain meminumnya? Seperti memercikkannya pada badan dan pakaian, atau mencuci pakaian yang digunakan sebagai kain kafan sebagaimana yang dahulu banyak dilakukan oleh manusia.

Maka jawabannya adalah, tidak (disyariatkan). Kita tidaklah melampaui yang diajarkan oleh Nabi shalallahu alaihi wasallam dalam mencari keberkahan. Dan perbuatan seperti itu tidaklah diriwayatkan dari Nabi shallallahu alaihi wasallam. Sehingga kita tidaklah melampaui batas untuk melakukan yang seperti itu.

Bahkan semestinya, sesuatu yang telah diriwayatkan dari Nabi shallallahu alaihi wasallam kita mengambilnya (sebagai pijakan beramal) dan yang tidak (ada riwayatnya) kita tidak melakukannya.


Sumber: Syarh Hadits Jabir fi Shifati Hajjatin Nabi shalallahu alaihi wasallam hal. 138 (versi Maktabah Syamilah)

Naskah dalam bahasa Arab:

أنه ينبغي الشرب من ماء زمزم، لأن النبي صلى الله عليه وسلم شرب من ماء زمزم

فإن قال قائل: هل يفعل شيئا آخر غير الشرب كالرش على البدن أو على الثوب أو أن يغسل به أثواباً يجعلها لكفنه كما كان الناس يفعلون ذلك من قبل؟

فالجواب: لا. فنحن لا نتجاوز في التبرك ما ورد عن النبي صلى الله عليه وسلم وهذا لم يرد عن النبي صلى الله عليه وسلم فلا نتجاوز إليه بل ما ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم أخذنا به وإلا فلا

ص138 – كتاب شرح حديث جابر في صفة حجة النبي لابن عثيمين – من فوائد هذا الحديث – المكتبة الشاملة

Penerjemah: Abu Dzayyal Muhammad Wafi

Tinggalkan Balasan