Kam 26 Jumadil awal 1446AH 28-11-2024AD

Sekilas Sejarah Perjuangan Ulama Mengembalikan Ajaran Islam pada Ajaran Nabi dan Para Sahabatnya (Bag.2 – Selesai)

Terjemahan Penjelasan Syaikh Sholih al-Fauzan dalam Mukaddimah Syarh Aqidah Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab

Baca terlebih dahulu bagian pertama jika anda belum membacanya:

Sekilas Sejarah Perjuangan Ulama Mengembalikan Ajaran Islam pada Ajaran Nabi dan Para Sahabatnya (Bag. ke-1)

Beliau (Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab) safar menuju Makkah dalam rangka menunaikan ibadah haji dan mengambil ilmu dari sebagian Ulama di Makkah. Beliau safar ke Madinah berziarah ke Masjid Nabawi dan mengambil ilmu dari Ulama di Madinah.

Kemudian beliau safar ke al-Ahsaa’ dan mengambil ilmu dari Ulama di sana. Kemudian beliau safar ke Iraq menuju Bashrah, bertemu sebagian Ulama dan berguru kepada mereka. Beliau pun menyusun beberapa kitab di sana. Kemudian beliau hendak safar menuju Syam, namun tidak terlaksana.

Berikutnya, beliau kembali ke negerinya dalam keadaan sedih mengetahui keadaan masyarakat di sana. Beliau tidak bisa diam melihat keadaan itu. Maka beliau mulai berdakwah di atas bashiroh dan petunjuk.

Beliau mulai berdakwah di negeri Huraimalaa’. Tempat tinggal ayah beliau yang menjadi qodhi (hakim) di sana. Beliau tidak betah tinggal di sana hingga pindah ke al-Uyainah. Saat itu, Uyainah dipimpin oleh Bani Mu’ammar.

Beliau pun menyampaikan dakwah kepada pemimpin Uyainah saat itu, dan pemimpin itu menerimanya. Mendukung dan menolong dakwah Syaikh. Syaikh mulai mengubah kemunkaran-kemunkaran. Beliau menghancurkan kubah yang berada di atas kubur Zaid bin al-Khoththob yang menjadi sasaran kunjungan manusia. Beliau pun menegakkan hukuman had zina bagi seorang wanita yang mengaku telah melakukan perbuatan itu.

Ketika hal itu terdengar oleh pemimpin al-Ahsaa’ Ibnu Urai’ir al-Kholidiy, ia marah kepada (pemimpin Uyainah) Ibnu Mu’ammar. Ia mengancam akan memutuskan bantuan yang biasa diberikan, jika tidak mengusir orang tersebut (Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab) dari negerinya.

Ibnu Mu’ammar pun menyampaikan ancaman itu kepada Syaikh Muhammad bin Abdil Wahhab. Syaikh ingin menenangkannya dengan menyatakan: rezeki dari Allah lebih baik bagimu dibandingkan yang diberikan oleh fulan. Hendaknya engkau bertawakkal hanya kepada Allah. Allah Yang Maha Mulia lagi Maha Tinggi akan mencukupi kebutuhan orang yang bertawakkal kepadaNya.
Namun, orang itu tidak mau menerima nasihat Syaikh. Ia ingin Syaikh pergi dari negerinya.

Maka pergilah Syaikh meninggalkan Uyainah. Ke mana beliau pergi? Beliau pergi menuju ad-Dir’iyyah.

Di sana pemimpinnya adalah Muhammad bin Saud. Dulu, pemimpin Muhammad bin Saud adalah seperti pemimpin di negeri lain. Beliau mendengar bahwa Syaikh ini pergi dari Uyainah dan juga berhati-hati terhadap Syaikh. Namun Syaikh pergi menuju murid beliau yang disebut Ibnu Suwailim di ad-Dir’iyyah. Beliau singgah sebagai tamu. Diharapkan tidak ada seorang pun yang tahu akan kunjungan beliau ini. Beliau melaksanakan itu secara tersembunyi.

Istri pemimpin Muhammad bin Saud mengetahui kedatangan Syaikh (ke ad-Dir’iyyah). Allah telah memberikan hidayah kepadanya, ia mendengar tentang dakwah Syaikh, dan menerima kepada ajaran dakwah tersebut. Ia berkata kepada suaminya, Muhammad bin Saud: Kedatangan seorang ‘alim yang datang ke negerimu ini adalah rezeki yang Allah hantarkan kepada anda. Ambillah baik-baik kesempatan ini, sebelum diambil pihak lain.

Istrinya terus menyampaikan demikian, hingga Muhammad bin Saud pun menerima usulan tersebut. Muhammad bin Saud berkata: Sampaikan kepadanya, silakan ia datang menemui aku. Istrinya berkata: Jangan. Jika engkau meminta ia datang, orang-orang akan berkata: Ia diundang untuk disiksa atau akan dibunuh. Namun, hendaknya anda sendiri yang mendatangi beliau hingga orang-orang tidak berpikiran yang tidak-tidak.

Perhatikan, kecerdikan dan siasat dari istri Muhammad bin Saud tersebut, semoga Allah merahmatinya. Pergilah pemimpin ad-Dir’iyyah ke rumah Ibnu Suwailim. Ibnu Suwailim mengkhawatirkan keselamatan Syaikh. Ketika pemimpin ad-Dir’iyyah datang ke rumahnya, bertambahlah kekhawatirannya.

Pemimpin ad-Dir’iyyah itu pun masuk menemui Syaikh dan mengucapkan salam kepada beliau.
Syaikh pun menyampaikan dakwahnya kepada pemimpin ad-Dir’iyyah. Allah melapangkan dada pemimpin tersebut hingga menerima dakwah Syaikh. Ia pun berjanji akan mendukung dan menolongnya. Keduanya pun bersepakat untuk saling berjuang.

Dari sejak waktu itu, tegaklah dakwah di ad-Dir’iyyah. Syaikh pun duduk menyampaikan ilmu, memberikan nasihat, dan menulis (karya). Banyak para penuntut ilmu yang datang mengunjungi beliau. Syaikh merasa mendapat dukungan dan perlindungan terhadap dakwah beliau. Syaikh pun menulis surat ke negeri-negeri lain berdakwah mengajak mereka menuju Allah.

Kemudian mereka juga menyusun pasukan jihad melawan negeri-negeri lain yang memeranginya. Allah memberikan pertolongan kepada mereka terhadap negeri-negeri sekitar (yang memeranginya). Negeri-negeri sekitar itu pun kemudian masuk ke wilayah kekuasaan Muhammad bin Saud. Dulunya beliau hanya memimpin ad-Dir’iyyah saja, namun kemudian menguasai Najd seluruhnya. Tegaklah pasukan yang berjihad di jalan Allah dan tegaklah dakwah.

Di masa tersebut orang-orang jahat membikin kerancuan terhadap manusia dan berkata: Sesungguhnya Muhammad bin Abdil Wahhab ingin mengubah agama kaum muslimin. Sesungguhnya ia datang dengan membawa agama baru. Ia juga mengkafirkan kaum muslimin. Ia juga demikian dan demikian… (Berbagai tuduhan dusta disebarkan).

Penduduk Qosim menulis surat kepada beliau menanyakan tentang hal itu. Ini adalah suatu hal yang baik. Hendaknya anda jangan langsung percaya dengan isu yang tersebar, tanyakan langsung pada orangnya. Mereka menulis surat bertanya tentang akidah beliau. Karena nama beliau sudah dikesankan sedemikian buruk di sisi mereka. Ada yang menyatakan: sesungguhnya dia adalah seseorang yang ingin mengkafirkan manusia, membunuh manusia, dan mengubah agama manusia. Masih banyak ucapan-ucapan dusta lain terhadap beliau.

Syaikh pun menulis (ringkasan) akidah ini untuk menjelaskan akidah beliau. Untuk menjelaskan pula bahwasanya akidah beliau adalah akidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Beliau tidaklah datang membawa ajaran yang baru. Beliau juga jelaskan bahwa tuduhan terhadap beliau itu adalah dusta.

Beliau juga menulis risalah lain dalam bantahan-bantahan beliau terdapat dalam ad-Durar as-Saniyyah. Beliau juga membantah syubhat-syubhat yang disampaikan kepada beliau. Di antara kitab yang beliau tulis adalah Kasyfusy Syubuhat. Beliau menjawab syubhat-syubhat yang bertebaran di sekitar beliau.

Maka inilah landasan yang melatarbelakangi penulisan risalah ini yang merupakan jawaban terhadap pertanyaan tentang akidah beliau. Di Qosim juga terdapat para Ulama. Mereka juga berkorespondensi dengan Ulama Hanabilah di Syam. Ketika sampai kepada mereka berita tentang Syaikh dan isu yang berkembang di sekitarnya, mereka pun menulis surat untuk menanyakan tentang akidah beliau. Maka Syaikh pun menulis risalah ini untuk menjelaskan akidah beliau. Beliau pun membantah syubhat-syubhat terkait itu.

Demikianlah keadaan dakwah menuju Allah. Orang-orang yang berdakwah mengajak manusia menuju Allah pasti akan mengalami bagian dari gangguan, ancaman, dan intimidasi. Namun mereka bersabar di atas itu. Kokoh di atasnya. Mereka pun membantah syubhat-syubhat yang menghalangi jalan mereka. Ini semakin menekankan bahwa seorang da’i wajib untuk berilmu dan mampu menjawab syubhat-syubhat yang ada. Ia harus menjelaskan mana yang benar dari sekian kebatilan. Ia harus bersenjatakan ilmu.

Syaikh (Muhammad bin Abdil Wahhab) rahimahullah tidaklah mulai mengemban dakwah yang agung ini kecuali setelah mapan dalam keilmuan. Setelah beliau belajar dan mengambil ilmu dari para Ulama di negeri-negeri yang beliau kunjungi. Setelah beliau membaca kitab-kitab. Barulah setelah itu beliau berdakwah dengan bersenjatakan ilmu dan hujjah-hujjah.

Allah pun menolong beliau dengan keikhlasan karena Allah. Beliau tidak menginginkan kedudukan di muka bumi atau membuat kerusakan padanya. Beliau tidak berambisi terhadap harta maupun kedudukan. Beliau hanya mengharapkan Wajah Allah. Beliau menginginkan untuk menolong Dien ini, menjelaskan kebenaran, dan bersikap anNashihah kepada para makhluk.

Beliau merasa kasihan kepada para makhluk agar mereka jangan binasa. Beliau berada di tengah-tengah mereka dan beliau memiliki ilmu dalam mengenali kebenaran. Beliau pun memandang kewajiban untuk berdakwah menuju Allah, melaksanakan amar ma’ruf dan nahi munkar (memerintahkan kepada kebajikan dan melarang dari kemunkaran). Beliau rahimahullah memandang bahwa tidak ada jalan lain yang harus beliau lakukan kecuali ini.

 

(selesai, Alhamdulillah…)

 

Penerjemah: Abu Utsman Kharisman

Tinggalkan Balasan