11 Jumadil awal 1444
Beranda » Latest » Artikel » Nasihat » Nasihat Syaikh Sholih Al-Fauzan Hafidzhahullah Terkait Pendidikan Anak

Nasihat Syaikh Sholih Al-Fauzan Hafidzhahullah Terkait Pendidikan Anak

Pertanyaan:

Kami menginginkan dari anda wahai syaikh yang mulia, nasihat ringkas untuk para orangtua terkait bimbingan pendidikan yang baik untuk anak-anak mereka. Agar anak-anak tersebut bisa tumbuh dengan baik. Terlebih di masa yang marak padanya media sosial ini. Di mana banyak pemuda dan orang-orang sangat bergantung dengan media sosial tersebut.

Asy-Syaikh Sholih bin Fauzan bin Abdillah Al-Fauzan hafidzahullah menyampaikan nasihatnya:

Tidak diragukan lagi bahwa para orangtua yang memiliki anak-anak kecil berkewajiban untuk menjaga mereka dari hal-hal yang bisa merusak agama dan kehormatan mereka. Para orangtua tersebut hendaknya mendidik mereka dengan pendidikan yang baik dan lurus.

Orangtua hendaknya memerintahkan anak-anaknya untuk melaksanakan shalat. Berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam:

مُرُوا أَوْلادَكُمْ بِالصَّلاةِ لِسَبْعٍ، واضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا لِعَشْرٍ، وفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي المَضَاجِعِ

Perintahkan anak-anak kalian untuk mengerjakan shalat saat mereka berumur 7 tahun. Dan pukullah mereka saat telah mencapai usia 10 tahun (jika enggan mengerjakannya), serta pisahkan antara mereka dalam tempat tidur (HR. Abu Dawud dan yang lainnya, pent)

Orangtua hendaknya mendidik mereka sejak menginjak usia tamyiz agar terbiasa beribadah dan bersuci. Juga membiasakan mereka dengan akhlak yang mulia agar mereka tumbuh di atasnya.

Jangan sampai orangtua bersikap menelantarkan mereka sehingga anak-anak tersebut terdidik dengan hal-hal yang terlarang dari akhlak yang rendah. Jangan sampai mereka dibiarkan bebas bergaul dengan anak-anak lain (tanpa diperhatikan).

Dan yang terpenting, orangtua tidak boleh memberikan akses kepada anak-anaknya untuk membuka situs-situs yang menghancurkan lagi merusak. Atau menyediakan hal-hal tersebut di rumah mereka. Atau membiarkan mereka melihat-lihat isi handphone yang sekarang telah menjadi tempat orang-orang buruk, kecuali mereka yang dirahmati Allah.

Jika seseorang hanya mencukupkan handphone tersebut sebagai alat komunikasi, itu tidak mengapa dan fungsi semacam itu sangat membantu. Adapun orang yang menggunakannya sebagai sarana untuk mengakses gambar-gambar tak senonoh, teori-teori yang buruk, dan berbagai propaganda yang menyesatkan maka itu adalah sebuah bahaya yang sangat besar. Hendaknya anak-anak dijauhkan dari hal-hal semacam itu. Mereka harus dijaga dengan penjagaan yang sungguh-sungguh.


Artikel lain yang semoga bermanfaat:


Naskah Arab:

السؤال: نريد مِنْ فضيلتكم نصيحة مُخْتَصَرة لأولياء الأمور عن حُسْن تربية أبنائهم وتنشئتهم التنشئة الصالحة ولا سيَّما في هذا الزمن الذي ظَهَرَت فيه وسائل التواصل الاجتماعي، وقد تعلَّقَ كثيرٌ مِنَ الشباب والناس بتلك الوسائل؟

الجواب: لا شكَّ أنْ أولياء أمور الصِغار مِنَ الأولاد مُكَلَّفُون بأنْ يُحافِظوا عليهم مِمَّا يُخِلُّ بدينهم ويُخِلُّ بأعراضِهِم، فيُرَبُّوهم تربيةً حَسَنَة مُستقيمة، ويأمروهم بالصلاةِ؛ لقوله-صلى الله عليه وسلم-: (مُرُوا أَوْلادَكُمْ بِالصَّلاةِ لِسَبْعٍ، واضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا لِعَشْرٍ، وفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي المَضَاجِعِ)

فيُرَبُّونهم مِنْ سِنِّ التمييز على العبادة وعلى الطهارة وعلى الأخلاق الطيِّبة حتى ينشأوا عليها، ولا يُهمِلُوهم فيترَبَّوا على ما لا يجوز مِنَ الأخلاق الرديئة، ولا يُضَيِّعوهم مع الأولاد، وأهمُّ ذلك: ألَّا يُمَكِّنوهم مِنَ الإطلاع على القنوات المُنْحَطَّة والفاسدة، أو يجلِبوها لهم في بيوتهم، أو يُمَكِّنوهم مِنَ النظر في الجوالات التي صارت الآن مَجْلَب أهل الشرِّ إلا مَنْ رَحِمَ الله.

مَنْ اقتصر في الجوَّالات على المكالمات هذا مُباحٌ وفيه خدمة عظيمة، وأمَّا مَنْ اتَّخَذَها لجَلْب المناظر السيئة والأفكار الخبيثة والدِعَايات الضالَّة فهذا خطرٌ عظيم، يُجَنَّب منه الأطفال ويُحافَظ عليهم غاية المُحافَظَة.

موقع الشيخ صالح الفوزان

https://alfawzan.af.org.sa/ar/node/15876

 

?️ Diterjemahkan oleh: Abu Dzayyal Muhammad Wafi