Pembelaan Terhadap Para Sahabat Nabi yang Terlibat Dalam Perang Jamal
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata:
Sesungguhnya Aisyah tidaklah berperang. Juga tidak keluar untuk berperang. Beliau hanyalah keluar dengan tujuan mendamaikan kaum muslimin. Beliau mengira bahwa jika beliau keluar, itu akan memberikan maslahat bagi kaum muslimin. Kemudian ternyata nampak jelas setelahnya bahwa mestinya lebih utama jika beliau tidak keluar. Apabila beliau (Aisyah) mengingat keluarnya beliau (untuk peristiwa itu), beliau selalu menangis, hingga membasahi khimar (kain penutup kepalanya).
Demikian juga mayoritas orang-orang terdahulu, mereka menyesal telah masuk dalam pertempuran. Tholhah, az-Zubair, dan Ali menyesal – Allah meridhai mereka seluruhnya-. Pada hari perang Jamal, mereka tidaklah bermaksud untuk berperang. Namun, terjadinya pertempuran bukan karena keinginan mereka.
Ketika Ali, Tholhah, dan az-Zubair saling berkirim surat (atau utusan), mereka telah bersepakat untuk mencapai kemaslahatan (bersama). Apabila memungkinkan, mereka akan menuntut penegakan hukum terhadap para penimbul fitnah yang membunuh Utsman.
Ali tidaklah ridha dengan pembunuhan Utsman. Beliaupun sama sekali tidak membantu terbunuhnya Utsman. Sebagaimana Ali pernah bersumpah: “Demi Allah, aku tidaklah membunuh Utsman. Tidak pula menolong (perbuatan membunuh) Utsman”. Dan Ali jujur dalam sumpahnya.
Pihak yang terlibat dalam pembunuhan Utsman khawatir jika Ali sampai bersepakat dengan mereka (Tholhah, Zubair, dan yang bersamanya) para pembunuh itu akan tertangkap (dan ditegakkan hukuman terhadap mereka, pen). Maka mereka pun menyerang pasukan Tholhah dan az-Zubair. Tholhah dan az-Zubair menyangka bahwa Ali yang menyerang mereka. Maka mereka pun juga bergerak membawa senjata dalam rangka mempertahankan diri mereka. Sedangkan Ali menyangka bahwasanya pasukan itu datang hendak menyerang beliau. Maka beliau pun mempersiapkan pasukan untuk mempertahankan diri.
Maka terjadilah fitnah tanpa dikehendaki oleh mereka. Aisyah radhiyallahu anha sekedar menaiki kendaraan, namun tidak ikut berperang, tidak pula memerintahkan untuk berperang. Demikianlah yang dijelaskan oleh para ahli yang memahami khabar peristiwa tersebut.
Sumber: Minhajus Sunnah an-Nabawiyyah (4/317)
Naskah dalam Bahasa Arab
الدفاع عن الصحابة في وقعة الجمل
قال شيخ الإسلام ابن تيمية رحمه الله تعالى :
فَإِنَّ عَائِشَةَ لَمْ تُقَاتِلْ وَلَمْ تَخْرُجْ لِقِتَالٍ، وَإِنَّمَا خَرَجَتْ لِقَصْدِ الْإِصْلَاحِ بَيْنَ الْمُسْلِمِينَ، وَظَنَّتْ أَنَّ فِي خُرُوجِهَا مَصْلَحَةً لِلْمُسْلِمِينَ، ثُمَّ تَبَيَّنَ لَهَا فِيمَا بَعْدُ أَنْ تَرْكَ الْخُرُوجِ كَانَ أَولَى، فَكَانَتْ إِذَا ذَكَرَتْ خُرُوجَهَا تَبْكِي حَتَّى تَبُلَّ خِمَارَهَا.
وَهَكَذَا عَامَّةُ السَّابِقِينَ نَدِمُوا عَلَى مَا دَخَلُوا فِيهِ مِنَ الْقِتَالِ، فَنَدِمَ طَلْحَةُ وَالزُّبَيْرُ وَعَلِيٌّ – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ – أَجْمَعِينَ، وَلَمْ يَكُنْ يَوْمَ الْجَمَلِ لِهَؤُلَاءِ قَصْدٌ فِي الِاقْتِتَالِ ، وَلَكِنْ وَقَعَ الِاقْتِتَالُ بِغَيْرِ اخْتِيَارِهِمْ، فَإِنَّهُ لَمَّا تَرَاسَلَ عَلِيٌّ وَطَلْحَةُ وَالزُّبَيْرُ، وَقَصَدُوا الِاتِّفَاقَ عَلَى الْمَصْلَحَةِ، وَأَنَّهُمْ إِذَا تَمَكَّنُوا طَلَبُوا قَتَلَةَ عُثْمَانَ أَهْلَ الْفِتْنَةِ، وَكَانَ عَلِيٌّ غَيْرَ رَاضٍ بِقَتْلِ عُثْمَانَ وَلَا مُعِينًا عَلَيْهِ، كَمَا كَانَ يَحْلِفُ فَيَقُولُ: وَاللَّهِ مَا قَتَلْتُ عُثْمَانَ وَلَا مَالَأْتُ عَلَى قَتْلِهِ، وَهُوَ الصَّادِقُ الْبَارُّ فِي يَمِينِهِ، فَخَشِيَ الْقَتَلَةُ أَنْ يَتَّفِقَ عَلِيٌّ مَعَهُمْ عَلَى إِمْسَاكِ الْقَتَلَةِ، فَحَمَلُوا عَلَى عَسْكَرِ طَلْحَةَ وَالزُّبَيْرِ، فَظَنَّ طَلْحَةُ وَالزُّبَيْرُ أَنَّ عَلِيًّا حَمَلَ عَلَيْهِمْ، فَحَمَلُوا دَفْعًا عَنْ أَنْفُسِهِمْ، فَظَنَّ عَلِيٌّ أَنَّهُمْ حَمَلُوا عَلَيْهِ، فَحَمَلَ دَفْعًا عَنْ نَفْسِهِ، فَوَقَعَتِ الْفِتْنَةُ بِغَيْرِ اخْتِيَارِهِمْ، وَعَائِشَةُ – رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا – رَاكِبَةٌ: لَا قَاتَلَتْ، وَلَا أَمَرَتْ بِالْقِتَالِ . هَكَذَا ذَكَرَهُ غَيْرُ وَاحِدٍ مِنْ أَهْلِ الْمَعْرِفَةِ بِالْأَخْبَارِ (منهاج السنة النبوية)
Penerjemah: Abu Utsman Kharisman