4 Jumadil awal 1444
Beranda » Latest » Artikel » Tarikh » Biografi » Sekilas Penjelasan Tentang Sahabat Nabi Abdullah bin Mas’ud (Ibnu Mas’ud)

Sekilas Penjelasan Tentang Sahabat Nabi Abdullah bin Mas’ud (Ibnu Mas’ud)

Ibnu Mas’ud radhiyallaahu ‘anhu adalah Sahabat Nabi yang ‘alim dan faqih. Keutamaannya sangat banyak. Sebagian riwayat menyatakan bahwa beliau adalah orang ke-7 yang masuk Islam. Beliau ikut dalam perang Badr, ikut dalam 2 kali hijrah.

Ibnu Mas’ud pernah naik ke atas suatu pohon hingga tersingkap betisnya. Para Sahabat yang berada di bawah tertawa karena melihat betis Ibnu Mas’ud yang sangat kecil.

Nabi bersabda (yang artinya): Demi Allah yang jiwaku di TanganNya. Sungguh kedua betis itu lebih berat di timbangan (amal) dibandingkan gunung Uhud (H.R Ahmad, dishahihkan oleh alHakim dan disepakati oleh adz-Dzahaby)

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda (yang artinya): Barangsiapa yang ingin membaca al-Quran persis sebagaimana diturunkan, maka hendaknya membaca seperti bacaan Ibnu Ummi Abd (Abdullah bin Mas’ud) (H.R Ahmad, dishahihkan Ibnu Hibban dan alHakim, adz-Dzahaby menyatakan shahih sesuai persyaratan alBukhari dan Muslim)

Sahabat Nabi Hudzaifah bin al-Yaman pernah berkata (yang artinya): Demi Allah, sungguh orang-orang yang terjaga dari kalangan para Sahabat Muhammad shollallaahu ‘alaihi wasallam telah mengetahui bahwa Abdullah (bin Mas’ud) adalah termasuk orang yang memiliki wasilah terdekat dengan Allah pada hari kiamat (riwayat Ahmad, dengan sanad yang shahih sesuai syarat al-Bukhari dan Muslim)

Ibnu Mas’ud berkata (yang artinya): Demi Allah yang Tidak ada sesembahan yang berhak disembah selainNya, tidaklah ada sebuah surat dalam Kitabullah kecuali aku mengetahui dalam hal apa surat itu diturunkan. Tidaklah ada suatu ayat kecuali aku mengetahui dalam hal apa ia diturunkan. Kalau aku mengetahui ada seseorang yang lebih mengetahui tentang Kitabullah dibandingkan aku dan bisa ditempuh dengan perjalanan unta, niscaya aku mendatanginya (riwayat Muslim)

 

Dikutip dari:
Buku “42 Hadits Panduan Hidup Muslim (Syarh al-Arbain anNawawiyyah)”, Abu Utsman Kharisman