4 Jumadil awal 1444
Beranda » Latest » Artikel » Tarhib » Badan Penduduk Neraka Sangat Besar

Allah Ta’ala ciptakan tubuh penduduk Neraka sangat besar. Hal itu agar penderitaan yang mereka rasakan akan semakin dahsyat. Semakin besar tubuhnya, semakin luas area fisik yang terkena adzab. Demikian menurut penjelasan al-Qodhiy (Mirqootul Mafaatiih syarh Misykaatil Mashoobiih karya al-Mulaa Ali al-Qooriy (16/291)).

Semakin besarnya tubuh mereka juga membuat area Neraka menjadi semakin sempit untuk mereka.

Gigi taring orang-orang kafir di Neraka sebesar gunung Uhud. Gigi gerahamnya lebih besar dari gunung Uhud. Tinggi gunung Uhud menurut sebagian referensi adalah sekitar 1.077 meter. Ketebalan kulit orang kafir di Neraka adalah sejarak perjalanan 3 hari.

ضِرْسُ الْكَافِرِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْظَمُ مِنْ أُحُدٍ يُعَظَّمُونَ لِتَمْتَلِئَ مِنْهُمُ النَّارُ، وَلِيَذُوقُوا الْعَذَابَ

Gigi geraham orang kafir pada hari kiamat lebih besar dari Uhud. Tubuh mereka dibuat besar agar Neraka menjadi penuh (semakin sempit) dengan adanya mereka. Juga agar mereka (semakin pedih) merasakan adzab (H.R Ibnul Mubarak dalam az-Zuhud, dinyatakan sanadnya shahih oleh al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Fathul Baari syarh Shahih al-Bukhari)

ضِرْسُ الْكَافِرِ أَوْ نَابُ الْكَافِرِ مِثْلُ أُحُدٍ وَغِلَظُ جِلْدِهِ مَسِيرَةُ ثَلَاثٍ

Gigi geraham atau gigi taring orang kafir seperti gunung Uhud dan ketebalan kulitnya sejauh perjalanan 3 hari (H.R Muslim dari Abu Hurairah)

Sedemikian lebarnya ukuran tubuh orang kafir yang diadzab di Neraka, disebutkan dalam sebuah hadits bahwa jarak antar pundaknya adalah sejauh perjalanan 3 hari dengan kendaraan (kuda) yang cepat.

مَا بَيْنَ مَنْكِبَيْ الْكَافِرِ فِي النَّارِ مَسِيرَةُ ثَلَاثَةِ أَيَّامٍ لِلرَّاكِبِ الْمُسْرِعِ

Jarak antara 2 bahu orang kafir di Neraka adalah sejarak perjalanan 3 hari penunggang (kuda) yang cepat (H.R Muslim)

Salah satu jenis kuda tercepat di dunia adalah Quarter Horse yang bisa mencapai kecepatan lari 76 km/jam. Jika diasumsikan dengan ukuran kecepatan kuda ini menempuh kecepatan maksimal tersebut selama terus menerus dalam 3 hari (3 x 24 jam), maka bisa jadi jarak antar kedua bahu itu adalah seukuran: 5.4072 km!

Wallaahu A’lam, hanya Allah Ta’ala semata yang Maha Mengetahui hakikat sebenarnya yang ada di Surga dan Neraka.


Dikutip dari: Buku “Surga yang Dirindukan. Neraka yang Ditakutkan”, Abu Utsman Kharisman, penerbit atTuqa Yogya