Kam 26 Jumadil awal 1446AH 28-11-2024AD

Tidak Ada Kaitan Antara Keutamaan Nisfu Sya’ban Dengan Ibadah Khusus di Malam Tersebut

Syaikh Robi’ bin Hadi Al Madkhali hafidzahullah pernah ditanya:

“Apakah benar bahwa Syaikh Al Albani telah menshahihkan sebagian riwayat dan hadits yang menyebutkan keutamaan malam Nisfu Sya’ban?”

Beliau (Syaikh Rabi’ hafidzahullah) menjawab:

“Yang aku ketahui bahwa memang Syaikh Al Albani begitu pula (ulama) selain beliau telah menilai shahih beberapa hadits yang menyebut tentang malam nisfu (pertengahan) sya’ban.

Akan tetapi Al Albani beliau menshahihkannya bukan dalam rangka mendukung dalih para pengusung kebidahan dan pengikut hawa nafsu. Kalaupun valid keutamaan malam tersebut, jangan sampai anda mengkhususkannya dengan ibadah tertentu.

(Hal serupa didapati) pada malam Jumat, yang merupakan malam paling utama. Dengan kondisi seperti itu, Nabi shollallahu alaihi wasallam justru telah melarang kita untuk melakukan sholat secara khusus, serta mengkhususkan puasa tersendiri pada hari Jumat. Sementara hadits (larangan) tersebut benar valid didapati pada Shahih Muslim juga selainnya;

لَا تَخْتَصُّوا لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ بِقِيَامٍ مِنْ بَيْنِ اللَّيَالِي، وَلَا تَخُصُّوا يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِصِيَامٍ مِنْ بَيْنِ الْأَيَّامِ، إِلَّا أَنْ يَكُونَ فِي صَوْمٍ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ

“Janganlah kalian mengkhususkan pada malam jumat sholat tersendiri dibandingkan malam-malam lainnya. Jangan pula kalian mengkhususkan puasa di hari jumat dibandingkan hari-hari lainnya. Kecuali jika puasa tersebut bertepatan dengan waktu kebiasaan kalian berpuasa.”

Sehingga apabila Rasulullah shollallahu alaihi wasallam telah menyebutkan keutamaan suatu hari atau suatu malam (tertentu), bukanlah maksudnya agar kita berinovasi mengadakan jenis-jenis ibadah yang tidak disyariatkan Rasulullah shollallahu alaihi wasallam.

Karena penetapan bahwa suatu waktu dan tempat tertentu memiliki kekhususan dan menjadi alasan (ibadah terkait) merupakan kewenangan Rasul yang mulia, bukanlah hak-hak kita.

Jikapun terdapat hadits shahih tentang keutamaan malam tersebut, tetap tidak boleh … namun tidak boleh bagi kita melakukan amal-amal ibadah yang dilakukan oleh banyak orang, berupa sholat roghoib dan selainnya, menghidangkan berbagai makanan dan minuman, serta puasa-puasa dan lain-lain dari kebid’ahan. Sedangkan sebaik-baik petunjuk tentulah petunjuk Muhammad shollallahu alaihi wasallam.


Artikel lain yang semoga bermanfaat:


Memang benar kita (dianjurkan) berpuasa di bulan Sya’ban. Nabi yang mulia beliau biasa berpuasa di bulan Sya’ban, berpuasa pada mayoritas harinya. Masuk padanya pertengahan bulan (nisfu) dan selainnya. Maka silakan berpuasa pada bulan ini.

Apabila kebetulan bertepatan dengan waktu puasa yang sengaja dikhususkan oleh mereka (ahli bid’ah), jika kebetulan bersamaan dengan puasa mereka, tetaplah berpuasa. Jangan anda adakan perayaan kelahiran (tokoh-tokoh), jangan anda kerjakan sholat roghoib, janganlah anda melakukan perbuatan yang biasa diadakan ahli bid’ah.

Dan syaikh Al Albani (tentunya) mengetahui hal ini, hanya saja hal itu tidak menghalangi beliau untuk tetap menyatakan kebenaran tentang derajat hadits tersebut apabila jelas bagi beliau.

Hanya saja saya mengira – wallahu a’lam – beliau sendiri telah mengingatkannya, maksudnya telah memperingatkan dari berbagai penyelisihan (amalan bidah) tersebut.”¹)

(Majmu’ Kutub wa Rosail wa Fatawa Fadhilat asy Syaikh al Allamah Robi’ bin Hadi al Madkholi 15/236-237)

Naskah Asli:

هل صحيح أن الشيخ الألباني صَحَّحَ بعضَ الرِّوايات والأحاديث الواردة في فضل ليلة النصف مِن شعبان؟

فأجاب: الذي أعرفه أنه صحح -الألباني وغيرُه- بعضَ الأحاديث التي وردتْ في ليلةِ النصف من شعبان، ولٰكن الألباني ما صَحَّح هٰذه لتكون حجةً لأهلِ البدع والأهواء، فلو ثَبَت فضلُ هذه الليلة؛ فلا تخصَّها بعِبادة.

فهٰذه ليلةُ الجمعة مِن أفضلِ الليالي، ومع هٰذا نهانا رسولُ اللهِ عن تخصيصِها بقيامٍ وعن تخصيصِ يومِ الجمعةِ نفْسِه بصيام، والحديثُ ثابت -كما تَعرفون- في “صحيح مسلم” وغيرِه:

«لَا تَخْتَصُّوا لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ بِقِيَامٍ مِنْ بَيْنِ اللَّيَالِي، وَلَا تَخُصُّوا يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِصِيَامٍ مِنْ بَيْنِ الْأَيَّامِ، إِلَّا أَنْ يَكُونَ فِي صَوْمٍ يَصُومُهُ أَحَدُكُمْ».

فإذا ذَكَر رسولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَضْلَ يومٍ أو ليلةٍ؛ فليس مَعنىٰ ذٰلك أنّنا نَخترع عباداتٍ لم يَشرعها رسولُ الله عَلَيْهِ الصَّلاةُ وَالسَّلامُ؛ لأنّ التخصيصَ والتقييدَ بالأزمنةِ والأمكنةِ مِن حُقوقِ الرسولِ الكريم، لا مِن حُقوقِنا، وإنْ صَحَّ الحديثُ في فضلِ هٰذه الليلة؛ فلا يجوز.. لٰكن لا يجوز أن نأتيَ بهٰذه الأعمال التي يقوم بها كثيرٌ مِنَ الناسِ مِن صلاةِ الرغائبِ وغيرِها، ومِنَ المطاعِم والمشارِب، ومِن الصيام ومِن.. ومِن.. مِنَ البِدَع، وخيرُ الْهَدْيِ هَدْيُ محمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

نعم نصوم في شعبان، النبيُّ الكريمُ كان يصوم في شعبان، يصومه إلا قليلاً، يدخل فيه النصف وغيره، فصُمْ مِن هٰذا الشهر، وإذا وافق ما تتعمّدُه وتخصُّه، إذا وافق صيامَه؛ فصُمْهُ، ولا تأتِ بالموالِد ولا تأتِ بصلاةِ الرَّغائب، ولا تأتِ بما يأتي به أهلُ البدع، والشيخُ الألبانيّ يَعرِف هٰذا، لٰكن لا يَسَعُه إلا أن يقولَ الحقَّ في درجةِ الحديثِ إذا ثَبَتَ له، لٰكن أظن –والله أعلم- أنه نَبَّهَ –يعني: حَذَّر- مِن هٰذه المخالَفات”. اﻫ مِن “مجموع كتب ورسائل وفتاوى فضيلة الشيخ العلامة ربيع بن هادي المدخلي” (15/ 236 و237).

Catatan:

¹) Sungguh benar yang beliau perkirakan, hafidzahullah. Alhamdulillah telah diperoleh sekian banyak peringatan Syaikh Al Albani rahimahullah baik secara tertulis (antara lain dalam hasyiah beliau terhadap karya Al Qosimi yang membahas jenis-jenis bid’ah), maupun yang terekam dari fatwa-fatwa beliau. Semoga Allah memberikan taufiq bagi para penulis ahlussunnah untuk menyajikannya kepada ummat.

?️ Abu Abdirrohman Sofian

Tinggalkan Balasan