Sel 3 Jumadil awal 1446AH 5-11-2024AD

Al-Imam al-Muzani rahimahullah – wafat tahun 264 H – adalah salah seorang murid al-Imam asy-Syafii. Beliau yang memandikan jenazah al-Imam asy-Syafii rahimahullah. Salah satu karya al-Muzani dalam bidang fiqh adalah yang dikenal dengan sebutan Mukhtashar al-Muzani. 

Beberapa Ulama menukil ucapan al-Imam asy-Syafii:

الْمُزَنِيّ نَاصِرُ مَذْهَبِي

al-Muzani adalah penolong madzhabku (dinukil oleh Ibnu Khollikaan dalam Wafayaatul A’yan , anNawawiy dalam alMajmu’ Syarhul Muhadzdzab, Ibnu Katsir dalam Thobaqotusy Syafiiyyin)

Di permulaan kitab, al-Muzani menjelaskan bahwa beliau menyusun kitab ini sebagai ringkasan ilmu al-Imam asy-Syafii dan makna ucapan beliau dengan pemberitahuan akan larangan asy-Syafii untuk bersikap taqlid kepada beliau maupun orang lain:

اخْتَصَرْتُ هَذَا الْكِتَابَ مِنْ عِلْمِ مُحَمَّدِ بْنِ إدْرِيسَ الشَّافِعِيِّ – رَحِمَهُ اللَّهُ – وَمِنْ مَعْنَى قَوْلِهِ لِأُقَرِّبَهُ عَلَى مَنْ أَرَادَهُ مَعَ إعْلَامِهِ نَهْيَهُ عَنْ تَقْلِيدِهِ وَتَقْلِيدِ غَيْرِهِ

Aku meringkas kitab ini dari ilmu Muhammad bin Idris asy-Syafii –semoga Allah merahmati beliau- dan dari makna ucapan beliau untuk aku dekatkan itu kepada yang menginginkannya. Disertai pemberitahuan bahwasanya beliau (asy-Syafii) melarang taklid (sekedar ikut-ikutan) beliau maupun taklid terhadap orang lain (Mukhtashar al-Muzani)

Al-Baihaqiy rahimahullah memuji kitab Mukhtashar al-Muzani:

وَلَا نَعْلَمُ كِتَابًا صُنِّفَ فِي الْإِسْلَامِ أَعْظَمَ نَفْعًا وَأَعَمَّ بَرَكَةً وَأَكْثَرَ ثَمَرَةً مِنْ مُخْتَصَرِهِ

Saya tidak mengetahui suatu kitab yang disusun dalam Islam yang lebih besar manfaatnya, lebih umum keberkahannya dan lebih banyak buahnya dibandingkan mukhtashar beliau (al-Muzani)(al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab karya anNawawiy)

Abu Zaid al-Marwaziy rahimahullah menyatakan:

مَنْ تَتَبَّعَ الْمُخْتَصَرَ حَقَّ تَتَبُّعِهِ لَا يَخْفَى عَلَيْهِ شَيْءٌ مِنْ مَسَائِلِ الْفِقْهِ فَإِنَّهُ مَا مِنْ مَسْأَلَةٍ مِنْ الْأُصُولِ وَالْفُرُوعِ إلَّا وَقَدْ ذَكَرَهَا تَصْرِيحًا أَوْ إشَارَةً

Barang siapa yang menelusuri kitab Mukhtashar (al-Muzani) dengan sebenar-benarnya, tidak akan terluputkan darinya permasalahan fiqh. Karena tidaklah ada sebuah permasalahan baik ushul maupun furu’ kecuali beliau (al-Muzani) menyebutkannya secara tegas atau sebagai bentuk isyarat (al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab)

Perjuangan al-Muzani dalam menyusun karya itu juga luar biasa. Beliau merampungkannya dalam kurun waktu 20 tahun. Tidak kurang dari 8 kali beliau susun ulang dan ubah. Setiap kali beliau akan menuliskannya, beliau berpuasa sunnah dan melakukan shalat sunnah sekian rakaat. Al-Muzani menyatakan:

كُنْتُ فِي تَأْلِيفِ هَذَا الْكِتَابِ عِشْرِينَ سَنَةً وَأَلَّفْتُهُ ثمان مَرَّاتٍ وَغَيَّرْتُهُ وَكُنْتُ كُلَّمَا أَرَدْتُ تَأْلِيفَهُ أَصُومُ قَبْلَهُ ثَلَاثَةَ أَيَّامٍ وَأُصَلِّي كَذَا وَكَذَا رَكْعَة

 Aku menyusun kitab ini selama 20 tahun. Aku susun dan ubah 8 kali. Setiap kali aku hendak menyusunnya, aku berpuasa sebelumnya selama 3 hari dan shalat (sunnah) sekian rakaat (al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab karya anNawawiy)

Ibnu Khollikaan rahimahullah menyatakan:

وَكَانَ إِذَا فَرَغَ مِنْ مَسْأَلَةٍ وَأَوْدَعَهَا مُخْتَصَرَهُ قَامَ إِلَى الْمِحْرَابِ وَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ شُكْرًا للهِ تَعَالَى

Jika beliau (al-Muzani) selesai dari suatu permasalahan dan beliau susun pada kitab Mukhtasharnya, beliau bangkit menuju mihrab dan shalat 2 rakaat sebagai bentuk syukur kepada Allah Ta’ala (Wafayaatul A’yaan karya Ibnu Khollikaan)

Abul Abbas Ahmad bin Suraij rahimahullah menyatakan:

يَخْرُجُ مُخْتَصَرُ الْمُزَنِيُّ مِنَ الدُّنْيَا عَذْرَاء لَمْ تُفْضَ، وَهُوَ أَصْلُ الْكُتُبِ الْمُصَنَّفَةِ فِي مَذْهَبِ الشَّافِعِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، وَعَلَى مِثَالِهِ رَتَّبُوْا وَلِكَلَامِهِ فَسَّرُوْا وَشَرَحُوْا

(Kitab) Mukhtashar al-Muzani keluar dari dunia seperti keperawanan yang belum dipecahkan. Itu adalah asal kitab yang disusun dalam madzhab asy-Syafii –semoga Allah meridhai beliau -. Terhadap permisalannya mereka menyusun, dan pada ucapannya mereka menafsirkan dan mensyarahnya (Wafayaatul A’yaan karya Ibnu Khollikaan)

Adz-Dzahabiy rahimahullah menyatakan:

وامتلأَتِ البِلاَدُ بـ”مختصَرِهِ” فِي الفِقْهِ وَشرحَهُ عِدَّةٌ مِنَ الكِبَارِ بِحَيْثُ يُقَالُ: كَانَتِ البِكْرُ يَكُوْنُ فِي جهَازِهَا نُسْخَةٌ بـ”مُخْتَصرِ” المُزَنِي

Negeri-negeri penuh dengan mukhtashar (karya al-Muzani) dalam fiqh. Disyarah (diuraikan) oleh banyak Ulama besar. Hingga dikatakan: Para gadis (di masa itu) di sakunya memiliki naskah (mukhtashar) al-Muzani (Siyar A’laamin Nubalaa’)

وَكَانَ أَبُو زُرْعَةَ شرَطَ لِمَنْ حفظ “مُخْتَصَر المُزَنِيّ” مائَة دِيْنَارٍ. وَهُوَ الَّذِي أَدخل مَذْهَب الشَّافِعِيِّ دِمَشْق

Abu Zur’ah (al-Qodhiy) memberikan persyaratan bagi orang yang bisa menghafal Mukhtashar al-Muzaniy, akan diberi 100 dinar. Beliau (Abu Zur’ah al-Qodhiy) adalah orang yang memasukkan madzhab asy-Syafii di Damaskus (Suriah)(Siyar A’laamin Nubalaa’)


Penulis: Abu Utsman Kharisman

Tinggalkan Balasan