10 Jumadil awal 1444
Beranda » Latest » Artikel » Tauhid » Ringkasan Penjelasan Syirik Besar dan Syirik Kecil

Ringkasan Penjelasan Syirik Besar dan Syirik Kecil

Pertanyaan:

Kami berharap kepada yang mulia untuk menjelaskan macam-macam kesyirikan. Apakah bersumpah dengan selain Allah adalah kesyirikan yang mengeluarkan pelakunya dari agama (Islam)?

Jawaban Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah:

Syirik itu ada 2 macam: Syirik akbar (besar) dan syirik asghar (kecil).

Syirik akbar adalah memalingkan peribadatan atau sebagian peribadatan kepada selain Allah. Seperti berdoa kepada orang yang sudah mati, beristighatsah terhadap orang-orang yang telah mati, bernadzar untuk mereka, atau bernadzar untuk jin atau Malaikat. Ini disebut syirik akbar. Sebagaimana orang-orang Quraisy (terdahulu) dan bangsa Arab yang lain berbuat terhadap berhala-berhala mereka.

Termasuk (kekafiran besar juga) adalah menentang perkara yang telah jelas diketahui dalam agama secara dharuri. Baik dalam hal kewajiban atau keharamannya. Barang siapa yang menentangnya maka ia kafir musyrik dengan kesyirikan akbar. Seperti jika ia berkata: Shalat itu tidak wajib bagi kaum muslimin yang telah mukallaf (berakal; balig).

Atau ia berkata: Zakat tidaklah diwajibkan bagi orang yang berharta. Atau ia berkata: Puasa Ramadhan tidak wajib bagi muslim yang mukallaf. Atau ia menghalalkan hal-hal yang diharamkan Allah, yang telah diketahui dengan jelas secara dharuri.

Atau ia menyatakan: Zina adalah halal, minum yang memabukkan adalah halal, durhaka pada kedua orangtua adalah halal, sihir halal, dan semisalnya. Maka orang yang seperti ini menjadi orang kafir dan musyrik dengan kesyirikan yang besar.

Kaidahnya adalah bahwasanya barang siapa yang memalingkan ibadah atau sebagian ibadah kepada selain Allah baik kepada berhala, orang yang sudah mati, atau selain mereka yang tidak sedang hadir di tempat tersebut, maka ia musyrik dengan syirik akbar.

Demikian pula hukumnya berlaku untuk orang yang menentang hal yang Allah wajibkan atau hal yang Allah haramkan padahal itu sudah jelas diketahui dari (ajaran) agama (Islam) secara dharuri yang telah disepakati kaum muslimin. Maka orang yang demikian kafir dan musyrik dengan kesyirikan akbar.

Demikian pula barang siapa yang melakukan penggugur keislaman, maka ia musyrik dengan kesyirikan akbar. Sebagaimana yang telah kami sampaikan.

Adapun syirik kecil ada beberapa macam, seperti bersumpah dengan selain Allah. (Misalkan) bersumpah dengan Nabi shollallahu alaihi wasallam, dengan amanah, dengan kepala fulan, dan semisalnya. Ini adalah syirik kecil. Berdasarkan sabda Nabi shollallahu alaihi wasallam:

مَنْ حَلَفَ بِشَيْءٍ دُونَ اللهِ، فَقَدْ أَشْرَكَ

Barang siapa yang bersumpah dengan sesuatu selain Allah, maka ia telah berbuat kesyirikan (H.R Ahmad, pent)

Demikian juga riya’ (ibadah untuk pamer, pent). Seseorang yang membaca (alQuran) secara riya’, bersedekah secara riya’, maka ini syirik kecil. Berdasarkan sabda Nabi shollallahu alaihi wasallam (yang artinya): “Hal yang paling aku takutkan terjadi pada umatku adalah kesyirikan kecil”. Beliau ditanya tentang itu, beliau menjawab: Riya’ (H.R Ahmad, pent)

Demikian pula jika ada orang yang berkata: Ini terjadi sesuai kehendak Allah dan kehendak fulan. Digandengkan penyebutannya dengan kata “dan”. Atau, ia menyatakan: Kalau bukan Allah dan fulan. Atau, ia berkata: Ini adalah dari Allah dan fulan. (Hal ini adalah syirik kecil) berdasarkan sabda Nabi shollallahu alaihi wasallam:

لَا تَقُولُوا مَا شَاءَ اللهُ وَشَاءَ فُلَانٌ، وَلَكِنْ قُولُوا: مَا شَاءَ اللهُ ثُمَّ شَاءَ فُلَانٌ

Janganlah kalian mengucapkan: (ini terjadi) sesuai kehendak Allah dan kehendak fulan. Namun, ucapkanlah: sesuai kehendak Allah kemudian kehendak fulan (H.R Abu Dawud, pent)

Ketika ada seorang laki-laki berkata: Wahai Rasulullah, (ini terjadi) sesuai kehendak Allah dan kehendak anda. Nabi bersabda (yang artinya): “Apakah engkau menjadikan aku sebagai tandingan bagi Allah? (Ucapkan): (Ini terjadi) sesuai kehendak Allah saja” (H.R Ahmad, pent).

Kadangkala syirik kecil menjadi syirik besar jika pelakunya berkeyakinan ketika bersumpah dengan selain Allah, atau berkata: Ini sesuai kehendak Allah dan kehendak fulan, bahwa fulan itu memiliki kewenangan dalam pengaturan (alam semesta), atau ia memiliki kehendak yang keluar dari keinginan dan kehendak Allah Yang Maha Suci.

Atau, (meyakini) ia memiliki kekuasaan menimbulkan mudarat dan manfaat selain Allah. Atau ia berkeyakinan bahwasanya orang itu berhak diibadahi selain Allah, beristighotsah padanya. Maka ia menjadi musyrik dengan kesyirikan akbar dengan keyakinan ini.

Adapun sekedar bersumpah dengan selain Allah tanpa ada keyakinan lain, hanya mengucapkan dengan lisannya sumpah dengan selain Allah, untuk mengagungkan orang ini, berpandangan bahwa ia (memang) Nabi atau orang sholih, atau karena ia ayah atau ibunya yang ia agungkan, dan semisalnya, maka itu adalah syirik kecil bukan syirik besar.

Teks Bahasa Arab:

س: نرجو من سماحتكم التفضل بتوضيح أنواع الشرك، وهل الحلف بغير الله شرك يخرج صاحبه من الملة؟

ج: الشرك نوعان: شرك أكبر وشرك أصغر، فالشرك الأكبر: صرف العبادة لغير الله أو بعضها، كدعاء الأموات والاستغاثة بهم والنذر لهم أو للجن أو للملائكة، هذا يقال له شرك أكبر، كما كانت قريش وغيرها من العرب يفعلون ذلك عند أصنامهم وأوثانهم، ومن ذلك جحد الإنسان أمرا معلوما من الدين بالضرورة وجوبا أو تحريما، فمن جحده كان كافرا ومشركا شركا أكبر، كمن قال: الصلاة لا تجب على المكلفين من المسلمين، أو قال: الزكاة لا تجب على من عنده مال، أو قال: صوم رمضان لا يجب على المسلم المكلف، أو أحل ما حرمه الله كما هو معلوم من الدين بالضرورة، كأن يقول: الزنا حلال، أو شرب المسكر حلال، أو عقوق الوالدين حلال، أو السحر حلال، أو ما أشبه ذلك، فهذا يكون كافرا ومشركا شركا أكبر، القاعدة أن من صرف العبادة أو بعضها لغير الله من أصنام أو أوثان أو أموات أو غيرهم من الغائبين فإنه مشرك شركا أكبر، وكذلك الحكم فيمن جحد ما أوجب الله، أو ما حرم الله مما هو معلوم من الدين بالضرورة مما أجمع عليه المسلمون، فهذا يكون كافرا ومشركا شركا أكبر. وكل من أتى ناقضا من نواقض الإسلام يكون مشركا شركا أكبر كما قلنا.
أما الشرك الأصغر فهو أنواع أيضا: مثل الحلف بغير الله، والحلف بالنبي – صلى الله عليه وسلم – وبالأمانة، وبرأس فلان، وما أشبه ذلك، فهذا شرك أصغر؛ لقوله – صلى الله عليه وسلم -: «من حلف بشيء دون الله فقد أشرك » وهكذا الرياء، يقرأ للرياء أو يتصدق للرياء، فهذا شرك أصغر؛ لقوله – صلى الله عليه وسلم -: «أخوف ما أخاف على أمتي الشرك الأصغر ” فسئل عنه فقال: ” الرياء (1) » . وهكذا لو قال: ما شاء الله وشاء فلان – بالواو – أو: لولا الله وفلان، أو: هذا من الله وفلان؛ لقوله – صلى الله عليه وسلم -: «لا تقولوا: ما شاء الله وشاء فلان، ولكن قولوا ما شاء الله وحده ثم شاء فلان » . ولما «قال رجل: يا رسول الله ما شاء الله وشئت، قال: ” أجعلتني لله ندا؟ ما شاء الله وحده » .
وقد يكون الشرك الأصغر شركا أكبر إذا اعتقد صاحبه أن من حلف بغير الله أو قال: ما شاء الله وشاء فلان، فإن له التصرف في الكون، أو أن له إرادة تخرج عن إرادة الله وعن مشيئته سبحانه، أو أن له قدرة يضر وينفع من دون الله، أو اعتقد أنه يصلح أن يعبد من دون الله وأن يستغاث به، فإنه يكون بذلك مشركا شركا أكبر بهذا الاعتقاد.
أما إذا كان مجرد حلف بغير الله من دون اعتقاد آخر، لكن ينطق لسانه بالحلف بغير الله؛ تعظيما لهذا الشخص، يرى أنه نبي أو صالح، أو لأنه أبوه أو أمه وتعظيمها لذلك، أو ما أشبه ذلك، فإنه يكون من الشرك الأصغر وليس من الشرك الأكبر.

 

Penerjemah: Abu Utsman Kharisman