11 Jumadil awal 1444
Beranda » Latest » Artikel » Hadits » Tiga Ayat yang Dibaca Dalam Shalat Lebih Baik Dari 3 Unta Gemuk (Harta yang Sangat Bernilai)

Tiga Ayat yang Dibaca Dalam Shalat Lebih Baik Dari 3 Unta Gemuk (Harta yang Sangat Bernilai)

Dalam hadits yang terdapat pada Shahih Muslim dinyatakan:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- : أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ إِذَا رَجَعَ إِلَى أَهْلِهِ أَنْ يَجِدَ فِيهِ ثَلاَثَ خَلِفَاتٍ عِظَامٍ سِمَانٍ . قُلْنَا نَعَمْ. قَالَ فَثَلاَثُ آيَاتٍ يَقْرَأُ بِهِنَّ أَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ خَيْرٌ لَهُ مِنْ ثَلاَثِ خَلِفَاتٍ عِظَامٍ سِمَانٍ

Dari Abu Hurairah -semoga Allah meridhainya- ia berkata: Rasulullah shollallahu alaihi wasallam bersabda: Maukah salah seorang dari kalian ketika kembali ke keluarganya, mendapati ada 3 unta hamil yang besar gemuk. Kami (para Sahabat) berkata: Ya. Nabi bersabda: 3 ayat yang dibaca dalam sholatnya lebih baik dibandingkan 3 ekor unta hamil besar yang gemuk (H.R Muslim)

Subhaanallah, 1 ayat yang dibaca dalam shalat, itu lebih baik dibandingkan 1 unta hamil besar yang gemuk, yang termasuk harta paling bernilai bangsa Arab di masa itu.

Sekitar 3 tahun lalu (sekitar tahun 2018), harga 1 unta yang layak dikurbankan adalah sekitar 16 juta rupiah. Semakin gemuk dan besar untanya, jelas lebih mahal dan bernilai tinggi. Untuk 3 unta, silakan dikalikan saja.


Baca Juga:

Mengkhatamkan AlQuran Setiap Pekan itu Sudah Ringan Sekali Bagi Mereka

Jika Hati Kita Bersih, Tidak Akan Kenyang Dengan Bacaan AlQuran


Memang suatu amalan akhirat nilainya jauh lebih besar dibandingkan harta dunia. Karena sedikit kenikmatan di Surga itu jauh lebih besar dibandingkan dunia dan seisinya.

Dalam hadits itu dinyatakan bahwa seseorang pulang ke rumahnya, kemudian dibandingkan dengan bacaan dalam shalat. Itu menunjukkan bahwa di rumah dianjurkan untuk memperbanyak shalat sunnah. Semakin banyak ayat yang dibaca, semakin besar kebaikan yang didapatkan.

Bagi yang dalam proses menghafal alQuran, ayat-ayat yang sudah dihafal secara mutqin (kokoh dalam ingatan), bisa dibaca setelah alFatihah dalam shalat-shalat sunnah, seperti rawatib, dhuha, shalat malam, tahiyyatul masjid, dan lainnya.

Setidaknya 3 ayat yang dibaca pada setiap rokaat. Semakin banyak ayatnya semakin baik.

Wallaahu A’lam

 

Ditulis oleh: Abu Utsman Kharisman