Bolehkah Membayar Kaffarah Sumpah Dengan Berpuasa, Padahal Ia Mampu Memberi Makan 10 Orang Miskin?
Pertanyaan:
Syaikh yang mulia, seseorang bersumpah dengan sesuatu, kemudian ia melanggar sumpahnya. Ia kemudian berpuasa padahal ia mampu untuk memberi makan. Bagaimana hukumnya?
Apakah cukup berpuasa (sebagai pembayar kaffaroh sumpah itu, pen) padahal Allah memulai penyebutannya dengan memberi makan dan berpuasa sebagai alternatif apabila tidak mampu. Apabila seseorang itu tidak tahu hukumnya, apakah hukum terhadapnya juga berbeda?
Jawaban Syaikh Muhammad bin Sholih al-Utsaimin rahimahullah:
Jika seseorang berpuasa untuk menebus sumpahnya, padahal ia mampu memberi makan 10 orang miskin atau memberi pakaian kepada mereka atau memerdekakan hamba sahaya, maka puasanya itu akan terhitung sebagai puasa sunnah saja. Ia harus membayar kaffarah penebus sumpah.
Namun puasa yang dia lakukan tidak sia-sia. Akan terhitung sebagai puasa sunnah. Hendaknya ia memberi makan (10 orang miskin) .
Beredar anggapan kebanyakan manusia bahwa kaffaroh sumpah adalah berpuasa. Karena inilah jika seseorang bersumpah atas saudaranya dan berkata: Demi Allah, sungguh engkau akan melakukan ini. Orang awam itu akan menjawab: Jangan kau buat aku berpuasa 3 hari. Ini tidak benar.
Keharusan memberi makan (10 orang miskin) didahulukan atau memberi pakaian (10 orang miskin). Atau memerdekakan hamba sahaya. Apabila ia tidak bisa mendapatkannya, barulah berpuasa 3 hari secara berurutan.
Sumber: Silsilah al-Liqa’ Asy Syahriy seri ke-70
Catatan Penerjemah:
Dalilnya adalah firman Allah Ta’ala :
لَا يُؤَاخِذُكُمُ ٱللَّهُ بِٱللَّغۡوِ فِيٓ أَيۡمَٰنِكُمۡ وَلَٰكِن يُؤَاخِذُكُم بِمَا عَقَّدتُّمُ ٱلۡأَيۡمَٰنَ ۖ فَكَفَّٰرَتُهُۥٓ إِطۡعَامُ عَشَرَةِ مَسَٰكِينَ مِنۡ أَوۡسَطِ مَا تُطۡعِمُونَ أَهۡلِيكُمۡ أَوۡ كِسۡوَتُهُمۡ أَوۡ تَحۡرِيرُ رَقَبَةٍ ۖ فَمَن لَّمۡ يَجِدۡ فَصِيَامُ ثَلَٰثَةِ أَيَّامٍ ۚ ذَٰلِكَ كَفَّٰرَةُ أَيۡمَٰنِكُمۡ إِذَا حَلَفۡتُمۡ ۚ وَٱحۡفَظُوٓاْ أَيۡمَٰنَكُمۡ ۚ كَذَٰلِكَ يُبَيِّنُ ٱللَّهُ لَكُمۡ ءَايَٰتِهِۦ لَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ
“Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak disengaja (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, maka kafaratnya (denda pelanggaran sumpah) ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi mereka pakaian, atau memerdekakan seorang hamba sahaya. Barang siapa tidak mampu melakukannya, maka (kafaratnya) berpuasalah tiga hari. Itulah kafarat sumpah-sumpahmu apabila kamu bersumpah. Dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan hukum-hukum-Nya kepadamu agar kamu bersyukur (kepada-Nya).” (QS. Al-Ma’idah Ayat 89)
Transkrip Fatwa dalam Bahasa Arab
[ السؤال: ]
فضيلة الشيخ، رجل حلف على شيء ثم حنث في يمينه وصام مع قدرته على الإطعام، فما الحكم: هل يجزئه الصيام مع أن الله بدأ بالإطعام وجعل الصيام عند عدم الاستطاعة، ولو كان غير عالم بالحكم هل يختلف الحكم؟
الجواب :
إذا صام الإنسان في كفارة اليمين وهو قادر على إطعام عشرة مساكين أو كسوتهم أو تحرير رقبة، فإن الصوم يكون نافلة وعليه أن يأتي بالكفارة، لكن الصوم لا يضيع يكون نافلة له وليطعم. ولقد اشتهر عند كثير من الناس أن كفارة اليمين هي الصيام، ولهذا إذا حلف على أخيه وقال: والله أن تفعل كذا، يقول: لا تجعلني أصوم ثلاثة أيام، وهذا خطأ، الإطعام مقدم أو الكسوة أو عتق الرقبة، فإن لم يجد فصيام ثلاثة أيام متتابعة.
المصدر: سلسلة اللقاء الشهري > اللقاء الشهري [70]
Penerjemah: Abu Utsman Kharisman