Kam 26 Jumadil awal 1446AH 28-11-2024AD

Apakah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah Menyelisihi Ijma’ (Kesepakatan Ulama)?

Pendahuluan

Salah satu tuduhan kepada Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah adalah beliau dianggap menyelisihi ijma’ Ulama. Padahal, beliau tidak menyelisihi ijma’ Ulama. Beliau hanyalah menyelisihi pendapat jumhur Ulama dalam sebagian permasalahan, yang belum sampai pada taraf ijma’. Masih ada pendapat dari Ulama sebelum beliau yang berbeda dengan pendapat jumhur Ulama tersebut yang setelah beliau kaji, dalil-dalilnya lebih dekat pada kebenaran, sehingga beliau mengikutinya.

Syaikh Bin Baz rahimahullah dalam salah satu fatwa yang nantinya akan dikutipkan, menjelaskan akan hal itu, bahwa Ibnu Taimiyyah rahimahullah tidaklah menyelisihi ijma’. Namun, beliau lebih mengedepankan dalil dan hujjah untuk diikuti, meskipun yang mengikuti pendapat itu sedikit. Bahkan, demikianlah seharusnya sikap seorang yang beriman. Kedepankan dalil dan hujjah, meski berbeda dengan mayoritas orang. Jangan beranggapan bahwa kalau suatu pendapat diikuti oleh jumhur, itu adalah hujjah. Hujjah dilihat dari dalil, bukan banyaknya pengikut. Jangan menjadi muqollid (tidak bersikap ilmiah), meskipun terhadap jumhur.


Baca Juga: Jangan Segan Kepada Siapapun Dalam Menyuarakan Kebenaran


Fatwa Syaikh Bin Baz

Pertanyaan:

Gambar dari salah satu lembaran majalah halaman 16 di bawah tema pembahasan: “Kejadian di Jurusan Syariah”. Ringkasannya adalah: Salah seorang profesor di jurusan Syariah, yaitu Doktor Hasan Naytu berkata: “Sesungguhnya orang yang menyelisihi ijma’ umat Islam adalah kafir. Sesungguhnya Ibnu Taimiyyah, salah seorang Ulama Syam, telah menyelisihi ijma’ umat. Kalaulah ia tidak meninggal di penjara, niscaya akan ditegakkan had riddah (murtad)”.

Kami berharap penjelasan dari Syaikh yang mulia akan permasalahan ini atau bantahan terhadap orang yang mengucapkan seperti ucapan ini. Hal itu terdapat di media Kuwait. Semoga Allah membalas anda dengan sebaik-baik balasan.

Jawaban Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah:

Ini tidak pernah kami dengar. Barang siapa yang mengucapkan demikian, ia lebih bodoh dari keledai milik keluarganya. Barang siapa yang mengucapkan demikian, baik Hasan atau selain Hasan yang doktor, ia lebih sesat dari unta milik keluarganya, maupun sapi milik keluarganya. Tidak diragukan lagi bahwa ia telah berbicara tanpa ilmu dan ucapan rusak yang sesat.

Sesungguhnya Ibnu Taimiyyah tidaklah menyelisihi ijma’ umat. Beliau hanyalah menjelaskan apa yang wajib diambil oleh umat. Beliau mengulas permasalahan-permasalahan yang diperselisihkan. Kemudian beliau jelaskan salah satu pendapat yang rajih (lebih kuat) dari 2 pendapat yang ada, atau dari banyak pendapat yang ada. Beliau jelaskan demikian itu dengan dalil-dalil. Beliau bukanlah orang yang menyelisihi ijma’ umat. Justru beliau mengajak pada kebaikan dan melarang dari keburukan. Semoga Allah merahmati beliau.

Namun, kadangkala beliau menyelisihi permasalahan-permasalahan yang diikuti jumhur umat. Patokannya adalah dalil. Meskipun bersama pihak yang sedikit (jumlahnya). Jika mayoritas orang berada di suatu pendapat, dan sedikit Ulama berada di suatu pendapat, sedangkan dalilnya bersama sejumlah orang yang sedikit ini, maka kebenaran bersama jumlah yang sedikit itu. Kebenaran adalah bersama pihak yang memiliki dalil. Meskipun mereka adalah Ulama yang berjumlah sedikit. Kebenaran bukanlah bersama yang jumlahnya banyak. Kebenaran itu bersama pihak yang memiliki dalil. Barang siapa yang memiliki dalil dari alQuran atau sunnah, maka ia adalah pengikut kebenaran. Meskipun yang berkata demikian berjumlah sedikit, tidak banyak.

Sumber: https://binbaz.org.sa/fatwas/2220/الرد-على-من-قال-ان-ابن-تيمية-خالف-الاجماع

Naskah Asli dalam Bahasa Arab

السؤال
صورة من جريدة من مجلات صفحة 16 وتحت موضوع “حدث في كلية الشريعة: ملخص ما في الأمر: أن أحد أساتذة كلية الشريعة، وهو الدكتور حسن نيتو، حيث يقول: إن من خالف إجماع الأمة الإسلامية؛ فهو كافر، وأن ابن تيمية أحد علماء الشام قد خالف إجماع الأمة، ولولا أنه لم يمت في السجن؛ لأقيم عليه حد الردة، إذاً نرجو من سماحتكم التعليق على هذا الأمر، أو الرد على من يقول بمثل هذا القول، وذلك في وسائل الإعلام الكويتية، وجزاكم الله خير الجزاء؟

الجواب

هذا ما سمعناه، ومن قال هذا: فهو أجهل من حمار أهله، من قال هذا الكلام، سواء حسن، أو غير حسن الدكتور، من قال مثل هذا الكلام؛ فهو أضل من بعير أهله، وبقرة أهله، لا شك أنه قال بغير علم، وقال قولًا فاسدًا ضالًا.
فإن ابن تيمية لم يخالف إجماع الأمة، وإنما بين ما يجب على الأمة أن يأخذوا به، وحرر المسائل التي اختلف فيها الناس، وأوضح أحد القولين الراجح من القولين، أو من الأقوال بالدلائل، وليس ممن يخالف إجماع الأمة، بل هو ممن يدعو إلى الخير، وينهى عن الشر، رحمه الله.
ولكنه قد خالف في مسائل جمهور الأمة، والعبرة بالدليل، ولو مع القليل، فإذا كان الأكثرون على قول، والقليل من العلماء على قول، والدليل مع القليل، فالحق مع القليل، الحق مع من معه الدليل، ولو كانوا هم القليل من العلماء، فليس الحق مع الكثيرين، الحق مع من معه الدليل، من قام معه الدليل من كتاب، أو سنة، فهو صاحب الحق، وإن كان القائل بذلك ليس هم الأكثرين، بل هم الأقل. …

 

Ditulis oleh:
Abu Utsman Kharisman

Tinggalkan Balasan