Bolehkah Taklid Kepada Ulama Dalam Menilai Hadits Ataupun Jarh Wat Ta’dil?
Pertanyaan:
Sebagian pemuda berkata: Sebagaimana kita taklid kepada Syaikh al-Albaniy –semoga Allah merahmati beliau- dalam kebanyakan hadits, demikian juga boleh untuk taklid kepada Imam Jarh wat Ta’dil (penilaian positif atau negatif terhadap perawi hadits atau sosok tertentu, pen) di masa kita secara mutlak. Apakah ucapan ini benar?
Syaikh Robi’ bin Hadi al-Madkhali hafidzhahullah menyatakan:
Syaikh al-Albaniy dan Ulama sebelum beliau yang lebih besar dari beliau seperti Abu Dawud, atTirmidzi, dan anNasaai, orang yang memperhatikan ucapan dan penilaian mereka terhadap hadits-hadits berkisar pada 2 hal:
(Pertama) bisa jadi ia adalah orang yang tidak tahu, tidak memungkinkan untuk menshahihkan atau mendhaifkan (hadits). Orang seperti ini boleh bertaklid (sekedar mengikuti penilaian Ulama itu, pen).
(Sedangkan macam yang kedua) adalah seorang yang penuntut ilmu yang kuat, memungkinkan untuk membedakan antara (riwayat) yang shahih dengan dhaif. Ia punya kemampuan dan keahlian untuk membedakan. Baarakallaahu fiikum. (Ia bisa membedakan) antara yang shahih dengan yang lemah. Ia mempelajari biografi para perawi, mempelajari illat (cacat pada riwayat), dan semisalnya, yang kesimpulan hasil yang ia pelajari boleh sesuai atau menyelisihi pendapat Imam tersebut. Berdasarkan pengkajian ilmiah yang didasari manhaj yang benar, metode ahli jarh wat Ta’dil. Demikian.
Kemudian, taklid dalam Jarh wat Ta’dil (pujian atau kritikan terhadap perawi atau sosok tertentu,pen), ini keadaannya juga seperti itu. Baarakallaahu fiikum. Metodenya juga seperti itu (seperti masalah penilaian terhadap keshahihan hadits mengikuti pendapat Ulama tertentu, pen).
Artinya, seseorang yang tidak punya keahlian, ia cukup melihat ucapan al-Bukhari, Muslim, Abu Dawud, yang menilai bahwa fulan –baarakallahu fiikum- adalah pendusta, fulan buruk hafalannya, fulan lemah, fulan ditinggalkan, fulan demikian…Apabila tidak didapati seorang pun yang menentang (penilaian itu), maka ucapan Ulama itu diterima. Karena itu adalah khabar. Diterima karena itu bagian dari khabar (pemberitaan). Itu bukanlah fatwa. Hal itu diterima karena itu dari penyampaian berita. Menerima berita dari orang-orang terpercaya adalah perkara dharuri yang mesti diterima, tidak diragukan lagi.
Namun, jika ia termasuk penuntut ilmu yang mendapati ada pendapat lain yang menyelisihi dalam menilai seseorang, misalkan ia mendapati Imam lain yang menyelisihi kritikan terhadap orang itu, justru memujinya, maka dalam hal itu ia perlu penafsiran dari kritikan tersebut. Tidaklah diterima kritikan ini karena ada seorang Ulama lain yang menentang kritik (ataupun celaan) itu.
Apabila tidak ada seorang pun yang menentang kritikan itu, kritikan tersebut diterima. Kalau ada yang menentangnya, maka diharuskan ada penjelasan mengapa ia dikritik. Baarakallaahu fiikum.
Pembahasan demikian ada dalam kitab-kitab mustholah, kitab-kitab Ulumul Hadits. Sudah dikenal hal demikian ini di kalangan para penuntut ilmu. Maka silakan kalian merujuk pada kitab-kitab tersebut. Baarakallahu fiikum.
Bisa ditemukan dalam Muqoddimah Ibnus Sholaah, kalian bisa merujuk juga pada kitab Fathul Mughits, Tadribur Raawiy, dan kitab-kitab di bidang ini. Ulumul hadits, Ulum Jarh wat Ta’dil. Demikian.
Sumber: Pertanyaan nomor 4 halaman 52-54 transkrip ceramah berjudul al-Hatstsu alal Mawaddah wal I’tilaaf wat Tahdzir minal Furqoh wal Ikhtilaaf (Anjuran untuk Saling Mencintai dan Bersatu Serta Peringatan dari Bahaya Perpecahan dan Perselisihan) karya Syaikh Robi’ bin Hadi al-Madkhali hafidzhahullah)
Transkrip dalam Bahasa Arab
س: يقول بعض الشباب كما أننا نقلد الشيخ الألباني ـ رحمه الله تعالى ـ في أغلب الأحاديث كذلك يجوز تقليد أئمة الجرح والتعديل في عصرنا مطلقا . هل هذا الكلام صحيح ؟
أجاب عنه الشيخ ربيع بن هادي المدخلي حفظه الله تعالى: الشيخ الألباني وقبله علماء أكبرمنه مثل أبي داود والترمذي والنسائي ـ الناظر في كلامهم وأحكامهم على الأحاديث بين أمرين :ـ إما أن يكون جاهلا ، لا يمكنه أن يُصحِّح أو يُضعِّف ، فهذا يقلد ، وإنسان متمكن ، طالب علم قوي ، عالم متمكن من التمييز بين الصحيح والضعيف عنده قدرة تؤهله لهذا التمييز ـ بارك الله فيكم ـ بين الصحيح والضعيف ، يدرس تراجم الرجال ،ويدرس العلل ، وـ كذا وكذا ـ تجد النتيجة هي موافقة هذا الإمام أو مخالفته ، في ضوء البحث العلمي القائم على المنهج الصحيح ، وطرق أهل الجرح والتعديل ، ـ نعم ـ ثم ـ يعني ـ التقليد في الجرح والتعديل ـ التقليد في الجرح والتعديل ـ هذا شأنه بارك الله فيكم ، هذا الطريق نفسه ، يعني إنسان لا يتمكن ـ وقف على كلام للبخاري ، لمسلم ، لأبي داود : ـ فلان ـ بارك الله فيك ـ كذاب ، فلان سيء الحفظ ، فلان واهي ، فلان متروك ، فلان كذا ــ ما وجد أحد يعارضه ــ يقبل كلامه لأن هذا خبر ، يقبله لأنه خبر من الأخبار ـ ماهو فتوى ــ يقبله لأنه خبر من الأخبار ، وقبول أخبار الثقات أمر ضروري لابد منه ، لكن إذا كان طالب علم ووجد من يخالف هذا الرجل الذي جرحه وجد إماما آخر قد خالفه وزكاه ، فحينئذٍ لابد من تفسير هذا الجرح ، لا يُسلَّم لهذا الجارح طالما هناك عالم آخر يعارضه في هذا التجريح ، فإذا لم يعارضه أحد يُقبل ، وإذا عارضه فلابد من بيان أسباب الجرح ـ بارك الله فيكم ـ والأمر موجود في كتب المصطلح وكتب علوم الحديث هذا شيء معروف عند طلاب العلم ـ فراجعوه بارك الله فيكم في مقدمة ابن الصلاح ، وراجعوا فتح المغيث وراجعوا تدريب الراوي ، وراجعوا كتب هذا الشأن ، علوم الحديث وعلوم الجرح والتعديل ، . نعم
السؤال رقم 4 صحفة 52-54 تفريغ محاضرة بعنوان الحث على المودة والإئتلاف والتحذير من الفرقة والإختلاف للشيخ ربيع بن هادي المدخلي حفظه الله تعالى
Penerjemah: Abu Utsman Kharisman