Kam 23 Syawal 1445AH 2-5-2024AD

Penjelasan Syaikh Bin Baz Seputar Shalat Ied: Tempat Pelaksanaan dan Bagaimana Jika Terlambat

Pertanyaan:

Pada waktu shalat Ied, kami semua keluar (untuk melaksanakannya) baik laki-laki maupun wanita. Namun ketika hujan, kami shalat di masjid. Karena musholla Ied terbuka. Masjid yang kami pakai untuk shalat itu kecil. Tidak bisa menampung semua jamaah. Maka kami pun mengadakan shalat berjamaah beberapa gelombang. Setelah shalat jamaah Ied gelombang terakhir, Imam berdiri menyampaikan khutbah Ied.

Apakah shalat yang demikian itu sah atau tidak? Kami berharap faidah dari anda

Jawaban Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah:

Tidak mengapa shalat (Ied) di masjid. Namun, jika mudah dilakukan di tanah lapang (tempat terbuka), itu lebih utama. Shalatlah dengan menjalankan sunnah di tanah lapang, jika tidak ada halangan seperti hujan. Karena shalat di tanah lapang (lahan terbuka) adalah sunnah dalam shalat Ied dan shalat Istisqa’ (meminta hujan). Jika ada halangan misalkan karena hujan, shalatlah di masjid. Tidak mengapa.

Bahkan, seandainya pun tidak ada halangan, tidak mengapa shalat (Ied) di masjid. Namun yang lebih utama adalah shalat Ied dan shalat Istisqa’ dilaksanakan di tanah lapang. Jika ada halangan, tidak mengapa di masjid.

Sunnahnya adalah shalat dilakukan sekali (1 gelombang). Imam shalat sekali bersama manusia kemudian berkhutbah. Jika ada yang terlambat ketinggalan shalat, ia bisa shalat di rumahnya atau shalat di masjid 2 rokaat. Alhamdulillah itu sudah mencukupi. Tidak perlu melakukan shalat lagi berjamaah dengan orang-orang.

Bahkan seharusnya, manusia berkumpul untuk shalat dalam satu gelombang, kemudian Imam berkhutbah sekali untuk mereka semua. Kemudian, jika setelah itu ada yang datang, silakan shalat berjamaah (bersama yang belum) atau shalat sendiri-sendiri. Alhamdulillah. Atau ia bisa shalat di rumahnya jika tidak bisa bergabung bersama mereka (terlambat).

Jika dimungkinkan, mereka bisa mencari masjid yang lebih luas sehingga bisa shalat bersama (1 gelombang) sekaligus. Jika memungkinkan hendaknya mencari masjid lain meskipun jauh. Agar bisa shalat bersama sekaligus. Adapun jika berjamaah beberapa gelombang (setelah selesai jamaah satu shalat jamaah berikutnya, pent), ini kami tidak mengetahui adanya asal (landasan dalilnya), baik itu shalat Jumat ataupun shalat Ied.

Mestinya Imam shalat dengan orang-orang yang hadir pada shalat Jumat atau shalat Ied. Barangsiapa yang datang terlambat bisa shalat sendiri. Kalau terlambat datang shalat Jumat, ia lakukan shalat Dzhuhur. Sedangkan jika terlambat datang shalat Ied, dia lakukan shalat 2 rokaat. Alhamdulillah. Sebagaimana ia shalat bersama Imam. Itu mencukupi bagi dia. Alhamdulillah.

??Lafadz Fatwa dalam Bahasa Arab:

السؤال : في صلاة العيدين نخرج للمصلى ذكوراً وإناثاً، ولكن في حالة المطر نصلي في المسجد؛ لأن مصلى العيد مكشوف، وهذا المسجد الذي نصلي فيه صغير الحجم بحيث لا يتسع للمصلين، فنقوم بالصلاة عدة مرات جماعةً بعد جماعة، وفي آخر الجماعة يقوم الإمام بإلقاء خطبة العيد، فهل هذه الصلاة صحيحة أم لا نرجو الإفادة جزاكم الله خيراً؟

الجواب: لا حرج في الصلاة في المسجد، لكن إذا تيسر في الصحراء فهو الأفضل، صلوا السنة في الصحراء إذا
لم يكن هناك مانع من مطر، فإن الصلاة في الصحراء هي السنة صلاة العيد والاستسقاء، فإذا منع مانع من جهة المطر صلوا في المساجد ولا حرج في ذلك، حتى ولو كان ما هناك مانع لا بأس في المسجد ،لكن الأفضل أن تكون صلاة العيد وصلاة الاستسقاء في الصحراء، وإذا كان هناك مانع فلا حرج في صلاتها في المساجد، والسنة أن تكون صلاةً واحدة، يصلي بالناس صلاةً واحدة ويخطب بالناس، ومن فاتته الصلاة صلى في بيته أو في المسجد بعد الناس ركعتين والحمد لله ويكفيه ذلك، ولا حاجة إلى إعادة الصلاة بالناس، بل يصلي بالناس المجتمعين يصلي بهم ويخطب بهم، ثم بعد ذلك إذا خرجوا كل من جاء صلى، صلى جماعة أو وحده الحمد لله، أو صلاها في بيته إذا ما أدرك الناس، وفي إمكانهم أن يلتمسوا مسجداً أوسع حتى يصلوا جميعاً، في إمكانهم أن يلتمسوا مسجد ولو كان غير مجاور ولو كان بعيد بعض البعد حتى يصلوا جميعاً، أما أن يصلي جماعة بعد جماعة فهذا لا نعلم له أصلاً لا في الجمعة ولا في العيد، بل يصلي الإمام بالحاضرين في الجمعة والأعياد ويصلي بهم،
ومن فاتته صلى وحده، في الجمعة يصلي ظهر وفي العيد يصلي ركعتين والحمد لله، كما يصلي مع الإمام ويكفيه … والحمد لله

Penerjemah: Abu Utsman Kharisman

Tinggalkan Balasan