Bolehkah Berpuasa Arafah Bagi yang Masih Memiliki Tanggungan Puasa Ramadhan?
Asy Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin rahimahullah menjelaskan:
Seseorang yang melakukan puasa Arafah atau puasa Asyura’ dalam keadaan masih memiliki tanggungan mengganti puasa Ramadhan, puasanya tetap sah. Namun kalau seseorang meniatkan saat berpuasa pada hari (Arafah atau Asyura’) ini untuk mengganti puasa Ramadhan, dia akan mendapatkan dua pahala, yakni pahala (berpuasa pada) hari Arafah atau pahala (berpuasa pada) hari Asyura’ ditambah dengan pahala puasa pengganti Ramadhan. Hal ini berkaitan dengan puasa sunnah mutlak yang tidak ada hubungannya dengan puasa Ramadhan.
Adapun puasa 6 hari di bulan Syawwal maka itu terikat dengan puasa Ramadhan, sehingga tidak bisa dilaksanakan kecuali setelah melunasi (tanggungan utang puasa) Ramadhan. Kalau dia tetap berpuasa (6 hari Syawwal) sebelum melunasi (puasa Ramadhan), dia tidak akan mendapatkan pahala (yang disebutkan dalam hadits). Berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wasallam:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ، ثُمَّ أَتْبَعَهُ بِسِتٍّ مِنْ شَوَّالٍ، فَكَأَنَّمَا صَامَ الدَّهْرَ
Barang siapa yang telah berpuasa Ramadhan, kemudian dia melanjutkan dengan puasa 6 hari di bulan Syawwal, dia bagaikan berpuasa selama satu tahun penuh.
Dan sebagaimana diketahui, bahwa orang yang masih memiliki tanggungan (utang puasa) tidaklah dianggap telah berpuasa Ramadhan (secara penuh) sampai ia menyempurnakan penunaian tanggungannya.
Sumber: Fatawa Ash Shiyam hal. 438
Naskah dalam Bahasa Arab:
من صام يوم عرفة، أو يوم عاشوراء وعليه قضاء من رمضان فصيامه صحيح، لكن لو نوى أن يصوم هذا اليوم عن قضاء رمضان حصل له الأجران: أجر يوم عرفة، وأجر يوم عاشوراء مع أجر القضاء، هذا بالنسبة لصوم التطوع المطلق الذي لا يرتبط برمضان، أما صيام ستة أيام من شوال فإنها مرتبطة برمضان ولا تكون إلا بعد قضائه، فلو صامها قبل القضاء لم يحصل على أجرها، لقول النبي صلى الله عليه وسلم: من صام رمضان ثم أتبعه بست من شوال فكأنما صام الدهر ومعلوم أن من عليه قضاء فإنه لا يعد صائماً رمضان حتى يكمل القضاء
Penerjemah: Abu Dzayyal Muhammad Wafi