Secercah Kisah di Rumah Aisyah Saat Fajar Belum Merekah
Setiap potongan masa yang dilalui bersama Nabi shollallahu alaihi wasallam adalah kenangan ilmu yang tak kan terlupakan. Begitu juga dengan ibunda Aisyah radhiyallahu anha, wanita yang paling dicintai oleh Nabi shollallahu alaihi wasallam.
Beliau mengisahkan saat di waktu malam yang gelap, Nabi shollallahu alaihi wasallam bermunajat dengan Allah dalam shalat malam. Beliau membiarkan istri tercinta tetap tidur di depan beliau. Namun, karena sempitnya ruangan, bentangan kaki Aisyah menghalangi posisi sujud Nabi. Maka Nabi pun menyentuh kaki istrinya sebagai isyarat agar kaki ditekuk, sehingga beliau bisa sujud. Saat Nabi shalat dalam posisi berdiri, Aisyah kembali meluruskan kakinya.
Hadits itu terabadikan dalam goresan tinta Ulama, hasil pengembaraan menukil riwayat ilmu hadits dalam Shahih al-Bukhari dan Muslim:
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كُنْتُ أَنَامُ بَيْنَ يَدَىْ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- وَرِجْلاَىَ فِى قِبْلَتِهِ فَإِذَا سَجَدَ غَمَزَنِى فَقَبَضْتُ رِجْلَىَّ وَإِذَا قَامَ بَسَطْتُهُمَا – قَالَتْ – وَالْبُيُوتُ يَوْمَئِذٍ لَيْسَ فِيهَا مَصَابِيحُ
dari Aisyah –semoga Allah meridhainya- ia berkata: Aku pernah tidur di depan Rasulullah shollallahu alaihi wasallam. Kedua kakiku ada di arah kiblat beliau. Jika beliau sujud, beliau merabaku dengan tangan beliau, sehingga aku menarik kakiku. Jika beliau bangkit, aku menjulurkan kedua kakiku lagi. Rumah-rumah pada saat itu tidak ada lampu (H.R al-Bukhari dan Muslim, lafadz sesuai riwayat Muslim)
Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baz rahimahullah menyebutkan sebagian pelajaran berharga yang bisa dipetik dari hadits tersebut, di antaranya:
1. Ketawadhuan Nabi shollallahu alaihi wasallam. Beliau tidak mengharuskan Aisyah untuk terus menarik kakinya (hanya saat dibutuhkan saja,pen).
2. Keberadaan wanita yang berdiam di depan tidaklah memutus shalat (seorang pria). Yang bisa memutus shalat adalah jika seorang wanita (dewasa) melintas di depannya (di area sujudnya, pen).
3. Keberadaan Nabi shollallahu alaihi wasallam di rumah (di saat gelap) tidaklah membuat rumah beliau bersinar, sebagaimana anggapan sebagian pihak yang mempercayai khurafat. (Nabi sebagai cahaya adalah bukan cahaya fisik, tapi cahaya maknawi. Ajaran dan bimbingan beliau adalah sebagai penerang bagi kehidupan manusia, pen).
4. Seorang laki-laki meraba (menyentuh) wanita (istrinya) secara fisik tidaklah membatalkan wudhu secara mutlak. Nabi shollallahu alaihi wasallam di waktu lain mencium istrinya, kemudian beliau tidak berwudhu lagi. Adapun kalimat (dalam alQuran):
أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ
Artinya adalah jimak (hubungan suami istri).
Disarikan dari: al-Hulal al-Ibriziyyyah minat Ta’liqot al-Baziyyah ala Shahih al-Bukhari
Petikan Naskah Faidah Ilmu dalam Bahasa Arab:
باب الصلاة على الفراش
٣٨٢ – عن عائشة زوج النبي – صلى الله عليه وسلم – أنها قالت: «كنت أنام بين يدي رسول الله – صلى الله عليه وسلم – ورجلاي في قبلته، فإذا سجد غمزني فقبضت رجلي، فإذا قام بسطهما. قالت: والبيوت يومئذ ليس فيها مصابيح»
فيه فوائد:
أ – تواضعه حيث لم يأمرها بكف رجلها.
ب – ثبوت المرأة لا يقطع، وإنما يقطع المرور.
ج- أن وجوده في المنزل – صلى الله عليه وسلم – لم يجعل البيت منور كما يقوله بعض الخرافيين.
د- غمز الرجل لا ينقض الوضوء مطلقًا للمرأة، وقد قبل وصلى ولم يتوضأ، وأما قوله: «أو لا مستم» فهو الجماع.
(الحلل الإبريزية من التعليقات البازية على صحيح البخاري)
Oleh: Abu Utsman Kharisman