4 Jumadil awal 1444
Beranda » Latest » Artikel » Mustholah Hadits » Pembahasan Mudabbaj

Matan al-Baiquniyyah

وَمَا رَوَى كُلُّ قَرِينٍ عَنْ أَخِهْ … مُدَبَّجٌ فَاعْرِفْهُ حَقًّا وَانْتَخِهْ

Dan (hadits) yang diriwayatkan oleh setiap perawi yang setingkat (dalam usia atau satu guru) dari saudaranya…itu adalah mudabbaj. Kenalilah hal ini dengan baik dan berbanggalah (dengan mengetahuinya)

Penjelasan:

Dalam Muqoddimah Ibnus Sholah disebutkan:

الْمُدَبَّجُ وَهُوَ أَنْ يَرْوِيَ الْقَرِيْنَانِ كُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا عَنِ الآخَرِ

Al-Mudabbaj adalah 2 perawi yang setara masing-masing saling meriwayatkan dari yang lain (Muqoddimah Ibnus Sholah (1/184))

Beberapa contoh mudabbaj yang disebutkan dalam Muqoddimah Ibnus Sholah adalah:

  • Riwayat Aisyah dari Abu Hurairah dan riwayat Abu Hurairah dari Aisyah (Sahabat Nabi)
  • Riwayat az-Zuhriy dari Umar bin Abdil Aziz dan riwayat Umar dari az-Zuhriy (Tabi’in)
  • Riwayat Malik dari al-Awza’iy dan riwayat al-Awza’iy dari Malik (Atba’ut Taabi’in)
  • Riwayat Ahmad dari Ali bin al-Madiniy dan riwayat Ali bin al-Madiniy dari Ahmad

Contoh Riwayat Abu Hurairah dari Aisyah

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ حَدَّثَنِي عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ يَحْيَى بْنِ حَبَّانَ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ فَقَدْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً مِنْ الْفِرَاشِ فَالْتَمَسْتُهُ فَوَقَعَتْ يَدِي عَلَى بَطْنِ قَدَمَيْهِ وَهُوَ فِي الْمَسْجِدِ وَهُمَا مَنْصُوبَتَانِ وَهُوَ يَقُولُ اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ

(al-Imam Muslim berkata) Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abi Syaibah (ia berkata) telah menceritakan kepada kami Abu Usamah (ia berkata) telah menceritakan kepadaku Ubaidullah bin Umar dari Muhammad bin Yahya bin Habbaan dari al-A’raj dari Abu Hurairah –semoga Allah meridhainya- dari Aisyah –semoga Allah meridhainya beliau berkata: Aku mencari Rasulullah shollallahu alaihi wasallam pada suatu malam di tempat tidur. Aku mencari beliau dan tanganku menyentuh kedua telapak kaki beliau saat beliau di masjid. Kedua telapak kaki itu ditegakkan. Beliau membaca: Allaahumma A’uudzu biridhooka min Sakhothika wa bi mu’aafatika min uquubatik. Wa a’udzu bika minka laa uhshii tsanaa-an ‘alaika anta kamaa atsnayta ‘alaa nafsika (Ya Allah, aku berlindung kepada keridhaanMu dari kemurkaanMu. Dan (aku berlindung) dengan pemaafan dariMu dari siksaanMu. Dan aku berlindung kepadaMu dariMu. Aku tidak mampu menghitung pujian kepadaMu sebagaimana Engkau memuji DiriMu) (H.R Muslim)

Contoh Riwayat Aisyah dari Abu Hurairah

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ يَعْنِي الطَّيَالِسِيَّ حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ الْخَزَّازُ عَنْ سَيَّارٍ عَنِ الشَّعْبِيِّ عَنْ عَلْقَمَةَ قَالَ كُنَّا عِنْدَ عَائِشَةَ فَدَخَلَ أَبُو هُرَيْرَةَ فَقَالَتْ أَنْتَ الَّذِي تُحَدِّثُ أَنَّ امْرَأَةً عُذِّبَتْ فِي هِرَّةٍ لَهَا رَبَطَتْهَا فَلَمْ تُطْعِمْهَا وَلَمْ تَسْقِهَا فَقَالَ سَمِعْتُهُ مِنْهُ يَعْنِي النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم

(al-Imam Ahmad berkata) telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Dawud yaitu atThoyaalisiy (ia berkata) telah menceritakan kepada kami Abu Amir al-Khozzaaz dari Sayyaar dari asy-Sya’biy dari ‘Alqomah ia berkata: Kami pernah berada di dekat Aisyah kemudian masuk Abu Hurairah. Aisyah menyatakan: Apakah engkau yang menyampaikan hadits bahwasanya seorang wanita disiksa karena sebab seekor kucing yang diikat tidak diberi makan dan minum? Abu Hurairah menyatakan: Aku mendengar hal itu dari beliau, yaitu Nabi shollallahu alaihi wasallam… (H.R Ahmad)

 

Ditulis oleh:
Abu Utsman Kharisman