Terhubung Dengan Ulama Adalah Sebab Terhindar dari Penyimpangan
Syaikh Arafat bin Hasan al-Muhammadiy hafidzhahullah menyatakan:
Jika ada yang berkata: Apa yang terjadi jika Ulama meninggal? Bukankah alQuran dan Sunnah ada di hadapan kita? Kita kan bisa mengambil (ilmu) dari alQuran dan Sunnah? Ini adalah ucapan yang batil.
Inilah yang terjadi pada Yahudi dan Nashara. Kitab Allah berada di hadapan mereka. Taurat dan Injil ada di hadapan mereka. Namun mereka tidak bisa mengambil faidah ilmu dari keduanya. Mengapa? Karena orang yang berilmulah (Ulama) yang memahami alQuran dan Sunnah. Dialah yang mengkaji, mempelajari, dan mengenal manhaj Salaf.
Mengapa kelompok-kelompok seperti Khawarij, Qodariyyah, al-Asyairoh, al-Maturidiyyah, Jahmiyyah, dan Mu’tazilah sesat? Mereka sesat karena memahami alQuran dan Sunnah berdasarkan pemahaman mereka (sendiri). Tidak merujuk kepada para Ulama, dari kalangan Sahabat dan Tabiin. Sehingga terjadilah kesesatan dan penyimpangan.
Pada masa Ibnu Abbas, ketika orang-orang Khawarij memberontak, Ibnu Abbas datang ke tempat mereka untuk berdialog dengan mereka.
Di antara ucapan Ibnu Abbas kepada mereka adalah: “Aku datang dari sisi para Sahabat Rasulullah –semoga sholawat dan salam tercurah pada beliau” – yang wahyu turun pada saat mereka bersama Rasulullah. Sehingga mereka adalah manusia yang paling berilmu tentang tafsirnya. – Ini adalah intinya-. Mereka (para Sahabat Nabi) adalah orang yang paling berilmu tentang tafsir alQuran.
“Sedangkan para Sahabat itu tidak ada seorang pun yang berada di tengah-tengah kalian”. Artinya, (seakan-akan Ibnu Abbas berkata): “Wahai orang-orang Khawarij, tidak ada seorang pun dari Sahabat Rasulullah yang mendukung pemberontakan kalian. Ini sudah cukup untuk menunjukkan kalian sesat dan menyimpang”.
Mereka (para Khawarij itu) memahami alQuran dan Sunnah berdasarkan pemahaman mereka (sendiri). Kemudian mereka (justru) memerangi para Sahabat Nabi alaihis sholaatu wassalaam.
Di antara tanda hari kiamat adalah ilmu akan diangkat. Sebagaimana Nabi –semoga sholawat dan salam tercurah pada beliau – bersabda demikian. Ilmu akan diangkat.
Bagaimanakah diangkatnya ilmu itu? Dengan perginya (wafatnya) para Ulama. Jika para Ulama telah pergi (wafat), pergilah ilmu. Karena itu, ketika Zaid bin Tsabit –semoga Allah meridhai dan menjadikannya ridha – wafat, beliau ini termasuk Sahabat Nabi pilihan, termasuk Sahabat yang paling berilmu dan paling faqih, beliau Sahabat Anshar dari Khazraj. Pada saat Zaid bin Tsabit dikuburkan, maka Ibnu Abbas pun berkata: “Demikianlah ilmu dikuburkan”.
Ketika Nabi alaihis sholaatu wassaalaam mengabarkan tentang diangkatnya ilmu, Nabi menyatakan: “Ini adalah masa (akan terjadi) perampasan/lenyapnya ilmu”.
Seorang Sahabat berkata: Bagaimana ilmu bisa terampas (hilang), wahai Rasulullah? – Sahabat yang bertanya ini adalah Ziyad bin Labid al-Anshariy -. Bagaimana ilmu bisa hilang, sedangkan alQuran di hadapan kita? Demi Allah, kami akan benar-benar membacanya dan akan membacakannya di hadapan anak-anak dan istri-istri kami.
Maka Nabi pun –semoga sholawat dan salam tercurah kepada beliau – bersabda: Celaka engkau wahai Ziyad, aku menyangka engkau faqih. Mereka para Yahudi dan Nashara, bukankah di tengah-tengah mereka ada Taurat dan Injil? (Hadits diriwayatkan oleh atTirmidzi dan lainnya, pent).
Artinya, meski demikian, mereka tidak bisa mengambil faidah dan manfaat dari Kitab Allah itu karena tidak adanya orang yang berilmu (Ulama). Jika telah pergi orang yang berilmu, ilmu pun akan pergi.
Karena ilmu tidaklah diambil dari lembaran-lembaran, kitab-kitab, sebagaimana yang disangka banyak orang. Ilmu itu diambil dengan cara bertemu langsung dengan orang yang berilmu. Kitab-kitab itu hanyalah sarana pendukung saja (bukan sumber ilmu yang utama, pent).
Ilmu seharusnya ditimba langsung dari orang yang berilmu. Para Sahabat mengambil ilmu langsung dari Rasulullah –semoga sholawat dan salam tercurah kepada beliau -. Para Tabiin, mengambil ilmu dari para Sahabat. Para Tabiut Tabiin mengambil ilmu dari para Tabiin, demikian seterusnya.
(Petikan Muhadharah berjudul “Sabilun Najah minal Inhiraf watTathorruf: Robthul Ummah bil ‘Ulamaa’ al-Akaabir arRobbaniyyin” (Jalan Selamat dari Penyimpangan dan Radikalisme adalah Menghubungkan Umat dengan Para Ulama Besar Robbaniy) dalam Daurah Imam al-Muzani I di Masjid Ali bin Abi Tholib Ma’had Minhajul Atsar Jember Jawa Timur Indonesia – Ahad Ba’da Subuh, 30 Muharram 1444 H/28 Agustus 2022 M)
Sumber audio: https://t.me/Arafatbinhassan/7580 (dari menit 4.03-7.40)
??Transkrip dalam Bahasa Arab:
وقد يقول قائل : وماذا لو مات العلماء فالكتاب والسنة بين أيدينا فإذا مات العلماء سنأخذ من الكتاب وسنأخذ من السنة وهذا كلام باطل وهذا ما حصل لليهود والنصارى كان القرآن بين أيديهم كانت التوراة والإنجيل بين أيديهم وما استفدوا منهما لماذا ؟ لأن العالم هو الذي يفهم الكتاب والسنة هو الذي درس هو الذي تعلم هو الذي عرف منهج السلف لماذا إذا ضلت الخوارج والقدرية والأشاعرة والماتوردية والجهمية والمعتزلة. لماذا ضلوا؟ ضلوا لأنهم فهموا القرآن والسنة على فهمهم ولم يرجعوا إلى علماء, علماء الصحابة والتابعين فحصل الضلال وحصل الإنحراف
وفي زمن ابن عباس لما خرجت الخوارج ذهب إليهم فناظرهم فكان من كلامه أن قال لهم إني جئتكم من عند أصحاب رسول الله عليه الصلاة والسلام الذين نزل الوحي وهم مع رسول الله صلى الله عليه وعليه الصلاة والسلام وهم أعلم الناس بتأويله – وهذا هو الشاهد – وهم أعلم الناس بتأويله وليس منهم فيكم أحد يعني يا أيها الخوارج لم يخرج معكم أحد من أصحاب رسول الله وهذا يكفيكم في الضلال ويكفيكم في الإنحراف ففهموا القرآن والسنة على فهمهم فقاتلوا أصحاب النبي عليه الصلاة والسلام
ومن علامة الساعة أن العلم يرفع كما قال عليه الصلاة والسلام. يرفع العلم. وكيف يرفع العلم ؟ بذهاب العلماء. فإذا ذهب العلماء ذهب العلم. ولهذا لما توفي زيد بن ثابت رضي الله عنه وأرضاه وهو من خيرة أصحاب النبي عليه الصلاة والسلام ومن أعلمهم ومن أفقههم وهو أنصاري خزرجي دفن, فقال ابن عباس هكذا يدفن العلم
ولما أخبر النبي عليه الصلاة والسلام عن ارتفاع العلم قال هذا أوان يختلس العلم فقال أحد الصحابة : كيف يختلس يا رسول الله – وهو زياد بن لبيد الأنصاري . كيف يختلس والقرآن بين أيدينا والله لنقرأنه ولنقرئنه أبنائنا وأزواجنا فقال عليه الصلاة والسلام: ثكلتك أمك يا زياد كنت أظنك فقيها هاهم اليهود والنصارى بين أيديهم التوراة والإنجيل يعني ما استفادوا وما انتفعوا لعدم وجود أهل العلم. فإذا ذهب العلماء ذهب العلم
لأن العلم لا يؤخذ من الصحف ولا من الكتب كما يظنه كثير من الناس. إنما يؤخذ بالتلقي من أهله. الكتب إنما هو تعينك وتساعدك وإلا فالعلم يؤخذ. الصحابة أخذوه عن رسول الله عليه الصلاة والسلام وجاءت التابعون وأخذوا العلم عن الصحابة جاء تابع التابعين وأخذوا العلم عن التابعين وهكذا
Transkrip dan terjemah : Abu Utsman Kharisman